JATIM

Gubernur Khofifah Minta Segera Sinkronkan RPJMD Saat Melantik Walikota Kediri dan Madiun

SURABAYA, JATIM, BN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi melantik pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibah, serta pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun Maidi dan Inda Raya Ayu, di Gedung Grahadi, Senin (29/04/2019).

Kedua pasangan tersebut dilantik dengan pengambilan sumpah jabatan untuk menjabat kepala daerah Kota Kediri dan Kota Madiun lima tahun kedepan mulai 2019 hingga 2024 mendatang.

Pasangan kepala daerah Kota Kediri dan kepala daerah Kota Madiun ini adalah pasangan kepala daerah terakhir yang dilantik dari proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang digelar pada tanggal 27 Juni 2018 lalu.

Usai pelantikan, Gubernur Khofifah memberikan arahan agar kedua kepala daerah ini segeratan cap gas melakukan kerja untuk warga masyarakat baik di Kota Kediri maupun Kota Madiun.

Tidak hanya itu, Khofifah juga ingin agar masing-masing kepala daerah segera melakukan sinkronisasi program kerja dengan rencana besar Pemerintah Provinsi JawaTimur dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Setelah ini akan kita lakukan sinkronisasi yang lebih detail karena Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov sendiri baru kita sampaikan ke DPRD Provinsi JawaTimur. Tinggal nanti RPJMD Kota Kediri dan Madiun akan lebih mudah berinduk ke RPJMD JawaTimur,”ucap Khofifah.

Menurut gubernur perempuan pertama JawaTimur ini, seluruh RPJMD memang harus dilakukan sinkronisasi dengan program besar pemerintah provinsi. Baru setelah dilakukan adjustment atau penyesuaian dengan rencana besar Pemprov JawaTimur, maka baru dilanjutkan dengan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan persetujuan.

“Jadi dua kota ini saya rasa akan lebih mudah karena mereka akan finalisasi dan sinkronisasi RPJMD mereka saat RPJMD Provinsi Jawa Timur selesai,”katanya.

Lebih lanjut, ia berharap agar proses sinkronisasi RPJMD, Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional dan program Provinsi JawaTimur bisa segera selesai dan berjalan lancar. Dimana untuk provinsi JawaTimur, Khofifah menyebut ada tiga poin penekanan.

“Kita ingin focus dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), focus pada penurunan kemiskinan di pedesaan dan mempersempit kesenjangan antara kota dan desa dan kesenjangan antara wilayah utara dan selatan,” papar Khofifah.

Selebihnya, Khofifah ingin agar setiap daerah ikut menanamkan ruh CETTAR dalam layanan kepada masyarakat. Yaitu cepat, efektif/efisien, transparan, tanggap dan responsif. Serta prinsip pendekatan layanan kemasyarakat bisa dimaksimalkan.

Sementaraitu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan bahwa pihaknya siap menjalankan pemerintahan yang sejalan dengan apa yang diterapkan oleh pemerintahan provinsi Jawa Timur.

Ia juga mengaku siap untuk melanjutkan Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) yang sudah ia kerjakan selama ia menjabat walikota di periode pertama, bahkan akan ditingkatkan.

“Kita namai Prodamas Plus. Nilai anggarannya kita tingkatkan,  dari Rp 50 juta per RT per tahun menjadi Rp 100 juta per RT per tahun,” kata Abdullah Abu Bakar.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Madiun Maidi. Ia mengaku siap langsung bekerja dan menata program untuk kesejahteraan masyarakat Kota Madiun. Ia mengaku sepakat dengan CETTAR yang disampaikan Khofifah.

“Kita akan segera melihat program di tahun 2019 ini seperti mana, sudah sejauh mana program yang kita usung sudah diterapkan. Dan kami juga akan evaluasi program mana yang sudah berjalan baik, mana yang ada kendala, dan mana yang sulit untuk direalisasikan dan akan kita tindak lanjuti. Mudah-mudahan di akhir tahun bisa mencapai penyerapan yang kita harapkan dan tentunya imbas kesejahteraan masyarakat bisa terwujud,”pungkas Maidi. (dji)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button