Connect with us

Pemkab Klaten Gelar Peringatan Hardiknas

JATENG

Pemkab Klaten Gelar Peringatan Hardiknas


KLATEN, JATENG, BN –
Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” tingkat Kabupaten Klaten digelar di Alun-alun Kota Klaten, Kamis (2/5) pagi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Sri Mulyani mengatakan, terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia.

“Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 13 menyatakan, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab,” katanya.

Menurut Muhadjir Effendy, masyarakat Indonesia harus bersyukur karena telah berhasil melewati tahapan pemilihan umum serentak pada 17 April 2019 yang lalu. Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir pada 22 Mei 2019.

“Dilihat dari sudut pandang pendidikan, pemilu menjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Karena proses belajar pada hakekatnya merupakan momentum terjadinya perubahan perilaku menuju kedewasaan, dalam hal ini semakin dewasa dalam berdemokrasi,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy.

Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy seperti disampaikan Bupati Sri Mulyani, adalah hal yang lumrah dalam setiap kontestasi selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan.

“Dalam momentum seperti ini tanggungjawab nasional setiap warga negara dipertaruhkan yakni tanggungjawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang tak bernilai harganya yaitu semangat kerukunan, persaudaraan dan persatuan. (rkt)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATENG

To Top
%d blogger menyukai ini: