Connect with us

Andi Suhaimi Dalimunthe : Masyarakat dan Pemerintah Desa Harus Kuat

SUMUT

Andi Suhaimi Dalimunthe : Masyarakat dan Pemerintah Desa Harus Kuat

LABUHANBATU, SUMUT, BN – Masyarakat dan pemerintah desa harus diperkuat kapasitasnya, karena masyarakat dan pemerintah desa merupakan bagian terpenting dari strategi pembedayaan. selain itu, masyarakat dan aparatur pemerintah desa harus ditingkatkan pengetahuannya baik intelektual, emosional serta mampu berpikir secara rasional dan tetap optimis bahwa, “Hari esok jauh lebih baik dari pada hari ini.”

Demikian disebutkan Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Zaid Harahap, S.Sos, Senin (6/5/2019) pagi pada Upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu yang dilaksanakan di Lapangan Diklat BKPP yang dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Ir. Esti Pancaningdiyah, M.Si, Kadis Perhubungan Tuahta R Saragih, AP, M.Si, Kepala Balitbang Hobol Z Rangkuti, S.Sos, MM dan H. Kamal Ilham, SKM serta sejumlah pejabat eselon III.

Salah satu fenomena yang muncul dimasyarakat adalah, negara kita dihadapkan pada persoalan “Kemiskinan”. Untuk menanggulanginya, Pemerintah telah menggunakan pendekatan multi disiplin dengan memadukan berbagai aspek, antara lain melalui upaya pemberdayaan masyarakat.

Zaid Harahap mengatakan, sejak tahun 2007, pemerintah mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd), program ini diluncurkan bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan, melalui upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di pedesaan dengan melakukan kegiatan pembangunan insfrastruktur di pedesaan dan pemberian modal usaha simpan pinjam kepada kelompok perempuan.

Sampai saat ini ada 128 kelompok simpan pinjam kelompok perempuan yang memanfaatkan dana dimaksud dan lebih kurang Rp. 4 Milyar dana sedang bergulir di kelompok masyarakat.

Pada tahun 2015 sampai saat ini, pemerintah telah meluncurkan program dana desa, dimana melalui program ini, pemerintah meluncurkan dana yang cukup besar kepada pemerintah desa, dan pemerintah desa bersama-sama dengan masyarakat, merencanakan, melaksanakan dan mengawasi penggunaan dana desa tersebut.

Oleh sebab itu, dituntut tersedianya sumber daya aparatur pemerintah desa yang handal, mempunyai kapasitas dan kapabilitas dalam melaksanakan pembangunan serta mampu mengelola keuangan desa dengan baik, kata Zaid Harahap.

Dalam Pidato tertulis itu, Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan kepada saudara-saudara yang melaksanakannya, dengan harapan ibadah puasa yang kita laksanakan, tidak menurunkan semangat kita dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Selanjutnya, bagi saudara-saudara yang tidak berpuasa, saya himbau untuk saling menghormati dan menghargai terhadap ummat yang sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan. (M.SUKMA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in SUMUT

To Top
%d blogger menyukai ini: