Connect with us

Penyaluran Elpiji di Kabupaten Tuban Naik 6% Menjelang Lebaran

JATIM

Penyaluran Elpiji di Kabupaten Tuban Naik 6% Menjelang Lebaran

TUBAN, JATIM, BN – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V mempersiapkan strategi penyaluran yang optimal guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk LPG pada saat Idul Fitri, termasuk di Jawa Timur. Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi sebesar 6 persen dari konsumsi normal rata-rata sebesar 37.700 tabung atau 113 metric ton per hari.

Untuk mendukung kelancaran penyaluran sebelum hari raya dan sesudah hari raya,  Pertamina membentuk tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019 yang akan bertugas sejak tanggal H-15 hingga H+15.

Tim Satgas akan berperan khusus dalam memantau dan mengkordinasikan penyaluran BBM dan LPG mulai dari penguatan stok, kelancaran distribusi di jalan raya hingga pemantauan kondisi di lapangan. Sehingga ketersediaan BBM dan LPG di masyarakat dapat terus tercukupi.

Ghalihaji Wahada, Comminication & Relationship Section Head Pertamina MOR 5 Surabaya kepada BN, Rabu (15/5/2019). “Saya menghimbau kepada masyarakat tidak perlu menimbun stok gas LPJ. Karena stok gas LPG aman. Jadi tidak perlu takut dengan stok LPG menjelang Lebaran atau sesudah lebaran” ujar Ghalihaji Wahada.

lanjutnya, untuk mengoptimalkan stok di 6 (enam) Depot dan Kilang Elpiji, serta seluruh SPPBE yang ada di Jatim, Pertamina juga berkoordinasi dengan lembaga penyalur LPG, untuk mengaktifkan Agen dan Pangkalan Siaga, yang tetap buka melayani di hari libur. Di Jawa Timur, jumlah Agen Siaga mencapai 352 untuk Elpiji 3 kg dan 64 agen untuk LPG Non-subsidi. Sedangkan Pangkalan Siaga Elpiji 3 kilogram mencapai 3.800, termasuk SPBU yang menyediakan Elpiji 3 kilogram.

Untuk memenuhi kebutuhan Elpiji 3 kilogram untuk masyarakat Tuban, Pertamina MOR V juga telah melakukan upaya penambahan suplai. Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi sebesar 6 persen dari konsumsi normal rata-rata sebesar 37.700 tabung atau 113 metric ton per hari, menjadi 40.000 tabung per hari (120 MT). Bahkan realisasi dari tanggal 1-12 Mei lalu tercatat sebesar 1288 MT, atau sekitar 42.500 tabung per hari.

Masih menurutnya, Kebutuhan Elpiji ini dilayani oleh 18 agen dan 825 pangkalan ditambah 9 agen siaga dan 73 pangkalan siaga Elpiji di kabupaten Tuban.

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan BBM & LPG masyarakat pada saat Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Pertamina  mensiagakan Satgas selama 24 jam untuk kelancaran proses pendistribusian.  Pertamina juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti BPH Migas, Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan dan Kejaksaan, pungkasnya.(jati)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATIM

To Top
%d blogger menyukai ini: