JATIM

Gubernur Khofifah Dukung Pembangunan RS Kota Probolinggo

SURABAYA, JATIM, BN – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendukung rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) Kota Probolinggo.

Pembangunan ini sangat penting, untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik dan rujukan bagi masyarakat Kota Probolinggo dan sekitarnya.

“Terkait pembangunan RS ini apa yang harus dikoordinasikan, dan saya sangat memperoleh masukan sehingga reasoning programnya jelas,” tukas Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim saat menerima audiensi Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa(11/06).

Khofifah menambahkan, pihaknya juga akan memberikan bantuan kapal penumpang yang bisa difungsikan sebagai ambulan laut. Dalam operasionalnya nanti format yang digunakan yakni kerjasama operasional (KSO) antara pusat, provinsi dan Kota Probolinggo. KSO tersebut mencakup alat kesehatan yang akan digunakan, tenaga medik dan paramedik, serta biaya operasionalnya.

“Saat ini saya masing hitung-hitungan dengan Menkes terkait costnya serta alkesnya. Karenanya, rencana penggunaan kapal dan yang dilayari mana saja juga harus dikordinasikan dengan baik,” ungkap gubernur perempuan pertama di Jatim ini sembari mengimbuhkan berdasarkan info kapal tersebut diperkirakan akan sampai 2 bulan lagi.

Untuk mempercepat proses, Khofifah meminta pihak Kota Probolinggo segera mengirimkan surat dengan melampirkan proposal pengajuan yang telah diberikan ke Bappenas maupun Presiden.

“Saya tunggu suratnya agar hal ini bisa segera ditindaklanjuti. Apalagi, untuk rumah sakit Pemprov lebih dulu fokus di Madura,” pungkas Khofifah.

Sementara itu, Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan, masalah rumah sakit (RS) menjadi masalah utama di Kota Probolinggo. Apalagi, RS Tipe B di Kota Probolinggo merupakan satu-satunya di kawasan Probolinggo dan sekitarnya.

“Saat ini kapasitas di RS Kota Probolinggo sudah sangat penuh, bahkan banyak pasien yang tidak mendapatkan kamar,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya telah menyiapkan lahan sekitar 4 hektar untuk pembangunan rumah sakit tersebut. Selain itu, detail engineering design (DED) nya juga telah diperbarui.

“Kami berharap ibu Gubernur bisa mendorong ke Bappenas untuk mendorong percepatan proses pembangunan RS ini,” harapnya. (dji)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button