JATIM

Tidak Perlu Khawatir Pakai KIS Diluar Daerah Asal

Elin Marlina, Rochaeni pensiunan guru PNS di Provinsi Jawa Barat

SIDOARJO, JATIM, BN-Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini baru diketahui oleh Elin Marlina ketika sang ibunda yang sedang berkunjung ke Sidoarjo harus dilarikan ke UGD rumah sakit terdekat karena muntah dan lemas. Ibunda Elin Marlina, Rochaeni adalah pensiunan guru PNS Provinsi Jawa Barat.

Ketika sedang berkunjung ke rumah putrinya Rochaeni mengeluhkan muntah-muntah, puncaknya hari minggu saat subuh Rochaeni kembali muntah-muntah dan lemas hingga harus diangkat dari kamar mandi ke tempat tidur. Khawatir dengan kondisi ibundanya, Elin melarikan Rochaeni ke UGD RS Siti Khodijah Sepanjang Sidoarjo.

Setiba di UGD rumah sakit, Rochaeni langsung ditangani oleh tenaga medis yang berjaga. Ketika melakukan pengurusan administrasi, terbersit rasa khawatir dalam diri Elin. Elin khawatir KIS ibunda tidak akan bisa digunakan di Sidoarjo karena beda wilayah. Namun rasa khawatirnya sirna ketika KIS ibunda ternyata bisa digunakan juga di rumah sakit Sidoarjo dan ibunda bisa ditangani langsung di rumah sakit.

Setelah selesai proses administrasi, Elin dipanggil oleh tim dokter. Dokter menyatakan Rochaeni mengalami pembengkakan jantung dan diminta melakukan beberapa macam prosedur pemeriksaan seperti rekam jantung dan sebagainya.

Setelah menunggu beberapa saat, dokter memutuskan Rochaeni harus masuk ICU karena membutuhkan perawatan yang lebih intensif.

Dari awal masuk UGD rumah sakit, lalu dokter menyatakan Rochaeni harus masuk ICU hingga sekarang sudah bisa di rawat di kamar rawat inap biasa, tak pernah sekalipun Elin direpotkan oleh petugas rumah sakit. Baik dari sisi administrasi hingga perawatan sang ibunda,

“Perawatnya ramah sekali, bahkan respon perawat sangat cepat misalnya ketika penggantian infus dan sebagainya. Obat juga langsung dari perawat, jadi saya tidak bolak balik ke farmasi,” terang Elin.

Elin sangat bersyukur berkat Program JKN-KIS ini ibunya dapat dirawat dengan baik di rumah sakit walaupun diluar daerah sang ibunda terdaftar sebagai peserta.

“Semoga pelayanan bagi peserta JKN-KIS bisa lebih ditingkatkan, karena masih sangat banyak sekali rakyat kecil yang membutuhkan,” tutup Elin. (boody)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button