Connect with us

Kebudayaan Dan Kesenian Tiong Hoa Ditampilkan di Stadion Bayuangga

14 views

JATIM

Kebudayaan Dan Kesenian Tiong Hoa Ditampilkan di Stadion Bayuangga

PROBOLINGGI, JATIM, BN-Event tahunan Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) yang dibuka pada hari Sabtu pagi (31/08/19) sd hari Sabtu malam (07/09/19) event ini bertujuan bisa mengangkat kota Probolinggo ini.

Kota Probolinggo, sebagai tujuan wisatawan setiap tahunnya bisa hadir dalam moment-moment semua kegiatan Semipro seperti Sapi Brujul dan kesenian yang ditampilkan oleh Etnis Tiong Hoa diantaranya akan tampil paduan suara semi nari, Tari Kontemporer Elisabeth Anak, Seni Tari Barong Sai Naga, Seni Bela Diri Wushu dan Tari Kontemporer Remaja di mulai hari Kamis malam Pukul 19.00 sd 22.00 WIb, di Stadion Banyuangga Kota Probolinggo.

“Setiap tahun kegiatan ini selalu berubah, karena kami terus mengeksplorasi budaya lokal Kota Probolinggo. Khusus event kesenian tari yang dipusatkan di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo. Jadi masyarakat/ wisatawan bisa mendatangi Stadion Bayuangga, karena di sana ada berbagai kesenian lokal Kota Probolinggo,” terang ketua panitia Semipro Gogol Sudjarwo, Kamis (05/09/19) malam di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo.

Menurutnya, berbagai macam kebudayaan etnis Tiong Hoa ikut serta mengisi kegiatan dalam agenda Semipro yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Probolinggo.

Etnis Tiong Hoa menampilkan 5 penampilan yakni paduan suara semi nari, tari kontemporer elisabeth anak, tari barongsai naga, seni bela diri wushu dan tari kontemporer remaja.

Ini satu kebudayaan dan kesenian dari Cina yang langsung disaksikan oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Wakil walikota Soufis Subri, PJ sekda, asisten pemerintahan, ketua panitia semipro dan undangan beserta warga Kota Probolinggo.

Tampilan tari barongsai naga diatas panggung sangat memukau warga Kota Probolinggo, Wali Kota Habib Hadi sempat memberikan angpou kepada 2 barongsai untuk memberikan semangat dan setelah itu dilanjutkan seni bela diri wushu dan berakhir musik kesenian cina dan tari-tarian yang luar biasa dan diberikan tepuk tangan oleh penonton yang merasa terhibur dengan penampilan seluruh kebudayaan dan kesenian Etnis Tiong Hoa.

Semipro merupakan hiburan yang diperuntukan masyarakat yang berada di Kota Probolinggo dan luar Kota Probolinggo dan ini bertepatan pada hari Rabu (04/09/19) dengan hari jadi kota Probolinggo ke 660 Bertemakan “Membangun Kota Probolinggo Cerdas, Menuju Indonesia unggul”.

“Tema ini merupakan pesan penting bagi warga/masyarakat kota Probolinggo, tidak cukup hanya dengan membangun infrastruktur jalan, bagaimana membangun masyarakat menjadi cerdas dan menjadi sumber daya manusia yang unggul,” terang Habib Hadi Wali Kota Probolinggo.

Pada sambutannya hari Kamis malam (05/09/19) Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin di Stadion Bayuangga diatas panggung hiburan Etnis Tiong Hoa menyampaikan, “semua etnis bersama-sama menyambut hari jadi Kota Probolinggo ke 660, semoga apa yang kita lakukan dan kita kerjakan bisa betul-betul bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat. Dalam kesempatan malam hari ini, semua sudah menyaksikan perbedaan merupakan kesempurnaan apabila mengisi satu dengan yang lain dalam kegiatan Semipro menampilkan semua kegiatan dari suku Madura, Jawa, Tiong Hoa dan Arab semua bersatu merayakan hari jadi Kota Probolinggo ke 660, bahwa Kota Probolinggo sangat luar biasa toleransinya dan kekompakannya, maka dari itu kekompakan ini jangan sampai terpecahkan oleh hal-hal informasi di media dan di medsos yang bisa mengesek antar suku, agama dan ras, ini jangan sampai terjadi di wilayah Kota Probolinggo yang tadi kita saksikan kesenian tiong hoa, tari barongsai naga, seni bela diri wushu, dan tari-tarian, kita merasa terhibur dengan adanya yang disajikan ini, itulah indahnya dari hal positif, tetapi kalau dilihat dari hal negatif pasti menilai kejelekannya lebih baik kita memandang yang bagus-bagus saja tidak perlu memandang yang jelek-jelek,” kata Wali Kota Probolinggo.

Wali Kota Habib Hadi berpesan kepada warga Kota Probolinggo kepada semua etnis Kota Probolinggo, “mari kita bergandengan tangan dan tak terpisahkan untuk membangun dan memajukan Kota Probolinggo yang lebih baik lagi kedepannya mohon do’a dan dukungannya,” pesan Wali Kota. (SON)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATIM

Advertisement




Trending

Advertisement Free counters!
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
%d blogger menyukai ini: