JATIM

Tim Lanal Banyuwangi Berhasil Bebaskan Hiu Tutul Dari Kolam Intake PLTU Paiton

PROBOLINGGO, JATIM, BN-Kerja keras anggota Lanal Banyuwangi, Lantamal V, Kooarmada II bersama tim PLTU Paiton selama kurang lebih 3 Minggu akhirnya berhasil melepaskan Ikan Hiu Paus/Tutul (Rinchodom Typus) keluar dari area Intake Kanal PLTU Paiton Jawa Timur menuju perairan Paiton Kab.Probolinggo. (19/09/2019).

Awal Kejadian pada tanggal 29 Agustus 2019 dimana satu ekor Hiu Paus atau Hiu Tutul terlihat di Intake dua dan menghilang lagi selama dua minggu tidak muncul, tindakan yang diambil antara lain dengan cara seblang menggunakan bambu dibelakang ekor ikan tersebut, namun usaha itu tidak membuahkan hasil. Kemudian dari hasil rapat dan pantauan selama dua minggu akhirnya diputuskan pengusiran ikan Hiu Tutul dengan menggunakan rubber boat.

Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, S.H, M.Tr.Hanla, M.M melalui Pasops Lanal Banyuwangi Kapten Laut (P) Agung Suhendra, S.T.Han memimpin langsung proses evakuasi Hiu Tutul yang terjebak di kanal Intake unit 5 PLTU Paiton tersebut dengan memerintahkan Posal dibawah jajarannya yaitu Posal Mayangan, Posal Paiton, Posal Panarukan dan Posal Jangkar ikut terlibat dalam proses evakuasi Hiu naas itu.

Usaha evakuasi Ikan Hiu keluar kanal menuju laut lepas diperlukan metode-metode khusus mengingat Ikan Hiu tutul ini merupakan Jenis Ikan yang di lindungi, karakter Hiu Tutul ini tidak terlalu responsif maka dibutuhkan waktu yang cukup lama dengan persiapan yang matang dan juga teknik-teknik khusus agar Hiu Tutul yang terjebak ini dapat di evakuasi dengan aman dan selamat.

Akhirnya Pada hari ini Kamis 19 September 2019 pada pukul 13.00 WIB Ikan Hiu Tutul yang terjebak dikanal unit 5 PLTU Paiton berhasil dievakuasi dalam kondisi hidup dan berhasil lepas di perairan Paiton. (TIM BN BWI/ Humas)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button