JABAR

Pemdes Cintajaya Lakbok Ciamis Salurkan BLT

CIAMIS, JABAR, BN-Kepala Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok kabupaten Ciamis Yunarto melaksanakan penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) pada hari Rabu (20/5/2020) di aula desa setempat. Setiap warga masyarakatnya menerima bantuan sebesar Rp600 ribu.

Menurutnya, jumlah penerima sebanyak 117 KK diberikan kepada warga yang terkena dampak Covid-19. Menurutnya, sebelum bantuan Langsung Tunai ini diberikan sudah diadakan dulu seleksi ketat hasil musyawarah antara pemerintah desa dan BPD yang mana datanya dari masing masing RT dan RW di setiap dusun.

Data kemudian ditampung di desa, diadakan penyeleksian dan diusahakan jangan sampai terjadi tumpang tindih. Contohnya yang sudah dapat bantuan dari PKH itu jangan sampai mendapat lagi bantuan lain, cukup satu jenis bantuan saja sementara yang lainnya bisa mendapatkan bantuan BLT itu juga bagi warga yang benar- benar terkena imbas dampak Covid-19 seperti para pedagang kantin di sekolah atau para pekerja yang kehilangan mata pencahariannya.

Orang terkena PHK dan atau para petani. Jumlah warga Cintajaya 1.200 KK yang mendapat bantuan itu sekitar 500 KK.

Desa Cintajaya adalah desa pertama yang memberikan bantuan Langsung kepada masyarakat. Aparat pemerintah desa bekerjasama dengan aparat keamanan dan Banbinsa.

“Mari kita kawal bantuan ini jangan sampai salah sasaran. Ini semua demi terciptanya masyarakat yang aman harmonis di setiap dusunnya maaing masing,” kata Yunarto.

Salah seorang warga yang mendapat Bantuan Langsung Tunai mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa yang peduli kepada masyarakat kecil.

“Kami merasa terbantu sekali dengan adanya bantuan Uang Tunai sebesar 600 ribu.Mudah- mudahan cukup untuk menghidupi keluarga karena selama ini usaha kami tutup tidak bisa lagi jualan karena sekolah tempat kami jualan diliburkan. Terimakasih Pak Yunarto telah memperpanjang hidup kami,” kata warga penerima. (Asep)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button