MALUKU UTARA

Warga Bastiong Karance apresiasi program kerja Mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate

TERNATE, MALUKU UTARA, BN – Sejumlah Mahasiswa Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, yang menjalani Kubermas Tahun 2021 di Kelurahan Bastiong Karance, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara, mendapat apresiasi warga setempat.

Bagaimana tidak, Pasalnya program kerja yang dilaksanakan Mahasiswa dari Kampus ternama Maluku Utara ini sangat bersinergi dengan kebutuhan warga masyarakat setempat.

Salah seorang Warga Kelurahan Bastiong Karance, Rahmad Atun mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi program Mahasiswa Kubermas tersebut.

Dia menilai, keberadaan para Mahasiswa itu sukses memberi contoh bagi mereka sebagai warga masyarakat. sebab apa yang dilakukan sangat bersinergi dengan situasi dan kondisi yang ada di Kelurahan tersebut.

“Seperti Bakti Sosial (Baksos) pembersihan lingkungan, mereka bersihkan sampah dan saluran air got yang tersumbat, itu sesuatu yang patut dibangga sebab kita disini setiap saat kalau hujan air yang ada di got sering tersumbat. tetapi kadang kita lalai untuk melakukan pembersihan, alhamdulillah ada dorang (Mereka) Kita punya got-got mereka kasih bersikan. Saya kira ini patut di apresiasi” Kata Rahmad, Minggu (11/4/21).

Sementara itu, seorang anggota Kubermas Nurul Wahida mengemukakan, ada beberapa program kerja yang telah dicanangkan mereka untuk di manifestasikan kepada lingkungan serta masyarakat.

Namun, berkaitan dengan kondisi Corona Virus Disese (Covid-19) sehingga mereka kemudian meminimalisir beberapa program yang sebelumnya sebelumnya telah dicanangkan. salah satunya adalah program peningkatan seni dan budaya.

Sebab menurut Nurul hal itu sangat rentan dengan kerumunan, sehingga mereka kemudian memilah untuk melakukan program yang menjadi kebutuhan Masyarakat.

“Itu yang kita utamakan dan kita lakukan.” Ujarnya.

Beberapa program yang kiranya menjadi penting lanjut Nurul, terutama adalah program kesehatan dan Bakti sosial.

“Oleh sebab itu kemarin Kita bekerjasama dengan Posyandu, Puskesmas Kalumata, dan BKKBN Kota Ternate. melakukan sosialisasi penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). alhamdulillah di ikuti oleh puluhan orang pada program itu. Nah, sekarang ini aksinya. Kita bersih-bersih Kelurahan berkaitan dengan sampah terutama sampah yang tersumbat di saluran air atau got. Karena Kita tidak mungkin hanya sosialisasi saja tanpa ada aksi atau bekerja.” Jelasnya saat di Temui Bidik Nasional, Minggu (11/4/21).

Nurul yang juga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unkhair Ternate ini menerangkan, Kubermas merupakan Kulia berkarya bermasyarakat. Sehingga menurut dia apa yang dilakukan harus benar-benar bersinergi dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Karena itu pihaknya berupaya melakukan yang terbaik.

“Hal itu untuk nama baik kita dan tentunya terutama nama baik Lembaga Unkhair Ternate.” Tutupnya (Andre)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button