SUMUT

Diduga Salah Realisasikan Penyerapan APBD 2020, Ketua TAPD Ngaku Tidak Tahu

DELI SERDANG, SUMUT, BN – Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Deli Serdang tahun anggaran (TA) 2020 yang memang dijabat oleh Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein, S.Sos, dinyatakan BPK RI Perwakillan Sumut dalam uji petik Buku I atas laporan hasil pemeriksaan (LHP)-nya terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Pemkab Deli Serdang tahun tahun anggaran 2020 yang clear dan di publis pada Bulan Mei 2021 lalu. Ternyata memuat temuan kesalahan penganggaran oleh TAPD Deli Serdang. Patut diduga kuat tanggung jawab penuh Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein, S.Sos guna evaluasi.

Mirisnya, bukan cukup hanya di tahun anggaran 2020 saja, bahkan ditahun sebelumnya seperti LRA atas LKPD APBD Pemkab Deli Serdang di TA 2019 dan 2018 juga memuat kesalahan penganggaran. Menurut neraca LRA APBD Pemkab Deli Serdang yang telah diperiksa BPK yang didapat Bidik Nasional Biro Deli Serdang. LRA LKPD atas APBD Deli Serdang TA 2020, TAPD Deli Serdang dinyatakan BPK RI Perwakilann Sumut telah salah penganggaran sebesar 11,551 Milyar Rupiah. Sementara ditahun sebelumnya, yaitu LRA atas LKPD APBD TA 2019 sebesar 1,447 Milyar Rupiah, dan pada LRA atas LKPD APBD TA 2018 sebesar 659 Juta Rupiah.

Dalam hal ini, Darwin Zein selaku Sekdakab Deli Serdang yang memang Ketua TAPD atas APBD Pemkab Deli Serdang TA 2020 dipandang perlu memberi penjelasan terhadap masyarakat Kabupaten Deli Serdang, namun sebagai pejabat eselon tertinggi di pemerintahan Deli Serdang yang di embannya itu bukanlah beban tanggung jawab moral yang mestinya patut ia junjung tinggi, bahkan Darwin patut diduga kuat tidak berniat menjadi pejabat yang bernilai good governance.

Hal itu tampak jelas Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein, S.Sos saat di konfirmasi terkait telah salah dan disinyalir berulang secara berturut itu, melalui telepon seluler pribadinya Darwin Zein dengan tegas menekankan ketidaktahuannya terhadap kesalahan TAPD Deli Serdang yang di Ketuainya itu dalam menerapkan pos-pos belanja daerah di tiap organisasi pemerintah daerah (OPD) yang ada di Pemkab Deli Serdang, dirinya bahkan menganggap BPKA Daerah Kabupaten Deli Serdang yang lebih mengatahui terkait hal kesalahan penganggaran itu.

“Tanya BPKA aja ya, saya tidak tau kalo ada kesalahan penganggaran itu, dan di Dinas mana yang terdapat kesalah itu, silahkan tanya BPKA ya”. Kata Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein, S.Sos kepada Bidik Nasional saat dikonfirmasi melalui telepon seluler pribadinya.

Terpisah, sebelumnya Kepala BPKA Daerah Kabupaten Deli Serdang Drs. Agus Ginting, M.Si yang memang dalam posisi Wakil Ketua pada struktural TAPD Deli Serdang, kepada Bidik Nasional mengakui memang telah terjadi kesalahan penganggaran terhadap LRA APBD Deli Serdang TA 2020, namun dia tidak dapat menjelaskan terkait upaya tindaklanjut untuk pembenahan kedepannya. Hal itu disebabkan kewenangan relatif Ketua TAPD Deli Serdang yang di jabat oleh Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein, S.Sos. (Hs).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button