LAMPUNGTULANG BAWANG

Pemkab Tulang Bawang Realisasikan 25 Program BMW di Kecamatan Meraksa Aji dan Penawar Aji

TULANG BAWANG, bidiknasional.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang kembali menyalurkan bantuan langsung dari 25 program Bergerak Melayani Warga (BMW), di Kecamatan Meraksa Aji dan Kecamatan Penawar Aji, Tulang Bawang, Rabu (06/10/2021)

Penyaluran bantuan itu, berupa pemberian Bantuan Sosial (Bansos) santunan untuk 25 orang, bagi anak yatim piatu. Serta launching program Bedah Rumah dan sekaligus pelatakan batu pertama secara simbolis oleh Bupati Tulang Bawang.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Tulang Bawang Dr. Hj. Winarti, SE, MH., Ketua Komisi III DPRD Tuba, Kadis Kominfo, Kapolsek Gedung Aji, Danramil, Kadis PU, Kadis PMK, Kabag SDA, Kabag Umum. Kadis Kesehatan, Kadis Sosial, Kasat PolPp, Kadis Perpustakaan, dan Camat Penawar Aji.

Dalam kunjangannya Bupati Winarti Menyampaikan, untuk realisasi 25 Program BMW, dari sumber dana APBD Tahun 2021. Bantuan yang diserahkan di Kecamatan Penawar Aji, berupa bantuan Bedah Rumah dan sekaligus penyerahan buku tabungan sebanyak 28 unit.

“Dengan nilai bantuan sebesar 15 Juta rupiah per masyarakat penerima bantuan. Dan jumlah bantuan Bedah Rumah yang di realisasikan Tahun 2021 sebanyak 66 Unit,” urain Bupati Winarti pada saat meninjau dilokasi kegiatan.

Dikatakannya, dari seluruh total bantuan yang disalurkan dari tahun 2018 sampai dengan 2021 sebanyak 1.427 Unit. Dengan rincian yang dibangun dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sebanyak 326 Unit, dengan total anggaran 4,89 Milyar.
Sedangkan, “dari bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebanyak 1.101 Unit, dengan total anggaran 19,2 Milyar,” tambah Bupati Winarti.

Lebih lanjut Bupati Winarti menjelaskan, program BMW yang berupa bantuan Bedah Rumah, juga selaras dengan program Nasional pembangunan Sejuta Rumah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan kegiatan Bedah Rumah adalah wujud perhatian dan kepedulian pemerintah. Untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah. Maka dari itu untuk meningkatkan keswadayaan dan gotong royong dalam pembangunan rumah tidak layak huni, agar menjadi layak huni,” ungkapnya.

Bupati juga mengatakan, bahwa dalam kegiatan ini, juga menyerahkan santunan kematian untuk 13 orang ahli waris keluarga yang meninggal dunia, di Kecamatan Penawar Aji. Pada kesempatan ini, Bupati serahkan secara simbolis untuk 10 orang penerima manfaat. Dengan santunan diberikan sebesar Satu Juta rupiah per ahli waris. (*Dra)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button