29/11/2021

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Bupati Nina Agustina Berikan Kado Istimewa Kepada Sepasang Pengantin Baru

2 min read

• Program Perdana Dukcapil Berkah

INDRAMAYU, bidiknasional.com – Bagaikan kejatuhan durian runtuh, pasangan pengantin baru atas nama Sukma Jaya & Windi Antika yang menikah tepat di HUT ke-76 PGRI benar-benar beruntung. Pasalnya bukan karena pada hari ini merasa sah menjadi suami-istri yang dibuktikan dengan mendapatkan Buku Nikah bagi keduanya. Kamis (25/11/2021).

Namun yang membuat hari ini terasa istimewa bagi mereka berdua adalah di hari perkawinannya, pasangan pengantin yang beralamat di Blok Karanganyar RT 07/04 Desa Sekarmulya Kecamatan Gabuswetan itu, secara tidak sengaja dihadiri oleh Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar.

Hal ini tentu saja menjadi kejutan bagi Sukmajaya dan istrinya. Tidak disangka-sangkanya orang nomor satu Indramayu itu hadir tepat disaat menjelang detik-detik akad nikahnya. Perasaan Sukmajaya campur aduk, antara sedih, terharu, juga sangat bahagia.

Ya. Kehadiran Bupati Nina Agustina di pernikahan Sukmajaya terjadi secara kebetulan. Pada hari ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil meluncurkan program “Dukcapil Berkah”.

Dukcapil Berkah adalah sebuah program memberikan Dokumen Kependudukan berupa KTP dan KK yang waktunya diserahkan bersamaan dengan penyerahan Buku Nikah dari Kantor Urusan Agama (KUA) kepada pengantin yang baru saja menikah.

Dengan begitu, pasangan pengantin baru di wilayah Kabupaten Indramayu mulai hari ini dan seterusnya, selain mendapat Buku Nikah, juga mendapatkan KTP dan KK, sekaligus mengubah status perkawinan di KTP-nya dan sudah memiliki KK sendiri.

Langkah penyerahan Buku Nikah plus dokumen kependudukan ini, merupakan salah satu inovasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, M. Iskandar mengatakan, ketika masyarakat hendak melangsungkan pernikahan, masyarakat dapat memperoleh KK dan KTP sekaligus saat penyerahan Buku Nikah.

“Caranya mudah sekali. Bagi masyarakat yang hendak melakukan pernikahan, agar langsung mendapat dokumen kependudukan, selain memberitahukan ke KUA, masyarakat juga memberitahukan Kepala Seksi Pelayanan Masyarakat yang ada di Kantor Kecamatan, agar sekalian mendapatkan dokumen kependudukan yang baru,” katanya.

Iskandar berharap, program Dukcapil Berkah dapat mempercepat pelayanan kependudukan kepada masyarakat, dalama mewujudkan Indramayu Bermartabat.

Sementara itu pasangan Sukmajaya dan istrinya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina yang telah menghadiri akad nikahnya. Terlebih, Bupati Nina Agustina memberikan bingkisan berupa voucher untuk menginap secara gratis selama 2 malam di Hotel Gardena Jatibarang.

“Terimakasih Ibu Bupati. Semoga kehadiran Ibu Bupati dipernikahan ini membawa berkah bagi kami. Terimakasih juga atas kadonya, sungguh seperti bermimpi dihadiri oleh Ibu Bupati, juga mendapatkan kado pernikahan,” kata Sukmajaya dengan sumringah. (Candra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Enesysone Group Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.