JATIMMAGETAN

Singolangu Tempat Pengelohan SUSU SAPI MURNI dan Aneka Makanan Serta Minuman Ringan

MAGETAN, bidiknasional.com – Tepatnya 26 Nopember 2020 pengelolahan Susu Sapi Murni yang terletak di Dusun Singolangu Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan yang berjarak kurang lebih 1 Km dari Telaga Sarangan saat musim Pandemi Covid-19 resmi di buka oleh Suprawoto sebagai Bupati Magetan.

Peran Pemerintah Kabupaten Magetan sangat aktif dalam pemasaran di lingkungan Pemkab sendiri . Saat itu bupati sangat getol dalam mengkonsumsi minuman Susu Murni dari Dusun Singolangu tersebut sehingga Pengelohan Susu Murni tetap eksis produksi dan pemasarannya dimasa pandemi covid.

Selain Pengelohan atau produksi susu murni di sekitar dusun dan kelurahan itu juga ada tempat pemeliharaan sapi Mandiri atau perorangan dan ada kelompok peternak yang mendapat pembinaan dan bimbingan secara instensif dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan agar sapi itu tetap sehat dan hasil perasan susu nya lebih higinies dalam kesehatan sehingga peranan Dinas Peternakan & Perikanan selain membina para peternak sapi di sana juga melakukan pelatihan dan pengawasan secara intensif kepada karyawan & pengelolah Susu Singolangu dan para pengelolah KSL ( Kampung Susu Lawu ) agar hasil produksi nya tetap menghasilkan higienis dalam kesehatan sehingga layak untuk konsumsi .

Selain hasil perasan susunya sapi di olah jadi susu murni dalam kemasan yang menarik dan terjangkau daya beli bagi masyarakat khusus nya masyarakat Magetan itu sendiri juga hasil perasan susu di ambil dan di olah menjadi berbagai aneka permen susu, ice Criem dan Kerupuk Susu dari Pengelolah Kampung Susu Lawu (KSL) yang telah mendapat pelatihan dan pembinaan dari Dinas.

Reni salah satu penjaga toko koperasi di sana mengatakan, Susu yang di ambil dari tempat pemerasan Susu lalu di simpan dalam Koperasi Susu kemudian sebagian di kirim ke pabrik Friesend dan bagian lain nya selain di produksi Susu Murni dalam botol juga di buat juga aneka permen susu, kerupuk susu dan sebagai nya.

“Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan khususnya Drh Nur Hayani ( Kepala Dinas ) selain melakukan pembinaan juga meemantau para KSL dalam memproduksi dan mengelolah serta mengecek stok yang ada di toko koperasi itu”, Kata Reni.

Saat di temui dalam pameran Hari makan ikan, drh Nur Hayani menjelaskan bahwa terkait produk-produk Olahan yang dipamerkan dari Kelompok UMKM Binaan Disnakan, Produk Olahan dari Susu Sapi pun dari Singolangu ikut dipamerkan seperti Steak Susu, Permen Susu, Tahu Susu, Nugget, Susu murni yang langsung bisa di minum, dan Kerupuk Susu.

Drh. Nur Haryani “Produk produk hasil olahan KSL Singolangu dalam event-event Disnakan akan terus ditampilkan agar masyarakat Magetan atau di luar Magetan dapat mengetahui berbagai produk olahan Susu Murni binaan Disnakan berani tampil baik rasa, higienis dan kemasan dan harga yang terjangkau bagi masyarakat ” , kata Nur Hayani.

Ucap Nur Hayani, Kampung Susu Singolango adalah salah satu tempat Destinasi Agro Wisata Alam karena Panorama keindahan alam maupun Kulinernya dan bagi para pendaki ke Gunung Lawu ada base camp untuk berangkat daki ataupun turun. (Adv/Ashar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button