28/01/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Proyek Tanpa Papan Informasi, Pembangunan Gedung BumDes Subulussalam Selatan Patut Diduga Siluman

2 min read

Tek foto : Proyek tanpa papan atau plang informasi pembangunan Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Subulussalam Selatan Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, 

SUBULUSSALAM, BIDIKNASIONAL.com – Terpantau proyek tanpa papan atau plang informasi pembangunan Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) disalah satu titik yang berada di Desa Subulussalam Selatan Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Jum’at (14/01/2022) diduga Siluman.

Berdasarkan keterangan warga setempat, pekerjaan sudah dilaksanakan berkisar 2 (dua) minggu.

Kepala Desa Subulussalam selatan, M.Amrin saat di konfirmasi media melalui telepon seluler menjelaskan bahwa pembangunan gedung BUMDes dengan Nilai Kontrak sebesar Rp 80 juta rupiah bersumber dari Anggaran Dana Desa ( ADD ) Tahun 2021.

“Sedangkan legalitas lahan tempat gedung didirikan berstatus Milik desa setelah diganti rugi kepada pemiliknya senilai 48 juta rupiah seluas 10×30 M,”Jelasnya.

Penting diketahui, pada aturan UU KIP Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, dimana seharusnya papan proyek terpasang sebelum pekerjaan tersebut di mulai sebagai wujud transparan dalam menggunakan anggaran yang bersumber dari DD.

Disis lain, penelusuran tim investigasi bn.com pelaksana proyek tersebut baru di kerjakan di Tahun 2022 .

Mengenai hal ini, masih menurut Kepala Desa Subulussalam Selatan , dimulainya pekerjaan pembangunan gedung bumdes tersebut diakhir bulan 12/2021. Dikatakan nya hal ini disebabkan anggaran yang bersumber dari APBN 2021 cair diakhir 12/2021 dan keterlambatan penarikan anggarannya ,”Tambahnya

Sementara itu, Camat Simpang Kiri Rahmayani Sari Munthe,S.STP yang di konfirmasi media mengenai pengerjaan gedung BumDes yang bersumber Dari Anggaran Dana Desa ( ADD ) Tahun 2021 di kerjakan di tahun 2022 mengatakan tidak ada permasalahan.

“Untuk Dana Desa batas pengerjaan bulan maret, tidak menyalahi,” Jawabnya.

Terkait kebenaran keterangan kepala desa Subulussalam selatan bahwasannya lahan tersebut di ganti rugi dengan nilai Rp.48 Juta Rupiah , Camat Simpang Kiri menjawab,” Coba saya tanyakan dulu ya ,” Jelasnya.

AGUS DARMINTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

bidiknasional.com/by_boodysank@gmail.com | Newsphere by AF themes.