JABARKUNINGAN

Bupati Acep Purnama Launching TPS 3R 8 Desa 

KUNINGAN, BIDIKNASIONAL.com – Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. Melaunching secara langsung Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS 3R) 8 (delapan) Desa di Kabupaten Kuningan yang bertempat di Desa Padamenak, Kamis (10/2/2022).

Diketahui, 8 (delapan) Desa tersebut diantaranya Desa Wanasaraya Kecamatan Kalimanggis, Desa Citundun Kecamatan Ciwaru, Desa Cikahuripan Kecamatan Maleber, Desa Cibinuang Kecamatan Kuningan, Desa Luragung Tonggoh Kecamatan Luragung, Desa Gandasoli Kecamatan Kramatmulya, Desa Padamenak Kecamatan Jalaksana, dan Desa Selajambe Kecamatan Selajambe.

Bupati Acep menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi terutama Bank Rakyat Kuningan (BPR), sehingga TPS 3R yang berada di 8 (delapan) Desa ini dapat terbangun.

“Kepada masyarakat semoga semua menyadari bahwa masalah sampah ini merupakan masalah besar di kehidupan kita. Jika suatu teknis penanggulangan sampah tidak didukung dengan kesadaran diri, tidak akan mengurangi dampak dari masalah sampah,” ungkapnya.

Bupati juga berharap, dengan diresmikannya TPS 3R ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin, dan mampu memberikan manfaat secara langsung bagi warga setempat dan sekitarnya.

Penyelenggaraan TPS3R, Kata Bupati diarahkan pada konsep mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), dan daur ulang (recycle). Pengelolaan sampah merupakan rangkaian kegiatan pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, dan pengelolaan.

“Dengan adanya TPS3R ini, masyarakat dapat terlibat aktif langsung dalam pengelolaan sampah. Selain memiliki hasil yang positif bagi lingkungan hidup di daerah sekitar, hasil pengelolaan sampah dapat menghasilkan kompos dan sebagainya, tentunya ini akan juga dapat menciptakan nilai ekonomis. semoga ini dapat berkelanjutan memberikan dampak yang baik, tentunya harus dijaga untuk keberlangsungan TPS3R ini,” ujarnya.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama menyampaikan, dengan TPS 3R dapat terciptanya lingkungan yang sehat, sehingga akan mampu menuntaskan persoalan kesehatan termasuk menurunkan angka stunting dan penyakit lainnya.

“Kepada seluruh masyarakat agar kelola TPS 3R dengani sebaik mungkin, sehingga dapat berfungsi dan menghasilkan manfaat yang berjangka panjang di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya. (Edwar.p.m)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button