JATIMLAMONGAN

Kereta Api di Lamongan Tabrak Truk, Masinis dan Dua Orang Luka-luka

Keterangan Gambar: Kereta api ekonomi lokal rute Cepu – Surabaya Pasarturi menabrak truk di perlintasan berpalang pintu barat terminal Lamongan. Rabu, (9/3/2022) pagi

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Kereta api ekonomi lokal rute Cepu – Surabaya Pasarturi menabrak truk di perlintasan berpalang pintu barat terminal Lamongan antara stasiun Surabayan – Stasiun Lamongan Jawa Timur. Rabu, (09/03) pagi.

Kecelakaan ini terjadi pada pukul 6.37 WIB. Atas kejadian ini, tiga orang mengalami luka-luka dan telah dilarikan ke rumah sakit serta sudah menjalani perawatan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kecelakaan ini,” kata Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno.

Dalam peristiwa ini, berdasarkan kronologi peristiwa itu terjadi bermula ketika kereta api dengan masinis Muhammad Mu’alim dan asisten Lustiono melintas di lokasi saat kereta api tabrak dua kendaraan truk tersebut.

Penjaga yang bekerja di perlintasan kereta api tersebut diduga lalai menutup palang pintu ketika kereta hendak melintas dan berakibat kereta api menabrak truk colt diesel dengan nomor polisi K 8438 Y.

Kendaraan truk dikemudikan M Bachtiar Novendi (30) dengan penumpang Rofifin (34), yang sama-sama warga Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Selain itu juga kendaraan truk boks dengan nomor polisi S 9829 NF, dikemudikan Imam Subeki (42) yang beralamat di Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, ujar Kanit Gakkum Satlantas Polres Lamongan Iptu Anang Purwo.

Sementara, Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya Luqman Arif atas insiden ini menyampaikan peremohonan maaf kepada pelanggan Kereta api Ekonomi Lokal rute Cepu – Surabaya Pasarturi.

Pasalnya, karena perjalanannya terganggu di perlintasan sebidang antara Stasiun Surabayan – Stasiun Lamongan tidak dapat melanjutkan perjalanan karena lokomotif dalam kondisi rusak parah dan masinis terluka.

Untuk sementara Kereta api Ekonomi lokal menunggu lokomotif pengganti dari Stasiun Pasarturi yang berangkat pukul 07.31 WIB agar dapat melanjutkan perjalanan.

Berdasarkan informasi dihimpun dari pusat pengendali perjalanan kereta api (Pusdalopka) Daop 8 Surabaya, sekitar pukul 06.37 WIB.

Bahwa KA Ekonomi lokal relasi Cepu – Surabaya Pasarturi ditemper truk sehingga lokomotifnya mengalami kerusakan.

Pihak masinis meminta agar dikirimkan lokomotif penolong atau pengganti guna melanjutkan perjalanannya dengan aman dan selamat.

PT KAI berusaha melakukan evakuasi terhadap masinis yang terluka dan mengevakuasi truk menggunakan mobil derek yang berpotensi mengganggu perjalanan kereta api.

PT KAI juga melakukan pengaturan pola operasi agar kejadian tersebut tidak berimbas terhadap perjalanan Kereta api lainnya.

Pemerintah selaku regulator untuk komitmen melakukan evaluasi guna meningkatkan keselamatan kereta api dan pengguna jalan di perlintasan sebidang, sebagaimana yang diamanatkan dalam PM 94 Tahun 2018.

“KAI berharap seluruh pihak dapat proaktif dan bersama-sama menjalankan tugas sesuai kewenangannya masing-masing untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api maupun para pengguna jalan itu sendiri.

Soal adanya dugaan terlambatnya penutup palang pintu kereta api, fokus utama sekarang normalisasi jalur kereta api dan memastikan kondisi jalur aman bisa dilewati kembali oleh perjalanan kereta api.

Nanti bersama instansi terkait kami perdalam terkait hal tersebut,” pungkasnya.

Penulis     : Bang IPUL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button