ACEHSUBULUSSALAM

Diduga Asal Jadi, Proyek Embung Air Dinas Pertanian Kota Subulussalam Ambruk

Tek Gambar: Lokasi Proyek Embung Air Dinas Pertanian Kota Subulussalam yang Ambruk

SUBULUSSALAM, BIDIKNASIONAL.com – Pekerjaan Proyek Swakelola milik Dinas Pertanian, Perkebunan dan Perikanan (Distanbunkan) Kota Subulussalam yang bersumber dari Dana (DAK) Tahun 2021 diduga dikerjakan asal jadi.

Informasi diperoleh dari berbagai sumber menyebutkan bahwa, Proyek dari dana DAK Tahun 2021 itu mengerjakan 10 item kegiatan, dikerjakan secara swakelola oleh 10 kelompok Tani yang terdiri dari Desa Penanggalan Barat 3 Kelompok, Desa Siperkas 1 kelompok, Desa Jabi-jabi 2 kelompok, Desa Cipare-pare 2 kelompok, Desa Harapan Baru 1 kelompok dan Desa Lae Simolap 1 kelompok.

Masing-masing kelompok mengerjakan 1 item kegiatan yang berbeda-beda, diantaranya, pembuatan jalan pertanian, pembangunan irigasi dan pembangunan Embung Air. Satu item kegiatan diketahui dikerjakan dengan pagu Anggaran sebesar Rp. 104.000.000,00.

Dari 10 kegiatan tersebut, beberapa diantaranya diduga dikerjakan asal jadi, salah satunya Pembangunan Embung di Desa Lae Simolap yang dikerjakan oleh kelompok Tani Baru Muncul.

Dari hasil investigasi wartawan, pembangunan Embung tersebut belum selesai dikerjakan namun sudah dilakukan serah terima pekerjaan atau Provesion Heand Over (PHO).

Selain itu pembuatan jalan pertanian oleh kelompok Tani di Desa Siperkas dan 2 kegiatan di Desa Cipare-pare juga diduga dikerjakan asal-asalan.

Dikonfirmasi kepada kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan kota Subulussalam Rosihan Indra, S.P., M.Si. mengatakan bahwa dirinya baru menjabat sebagai kepala Dinas di dinas itu baru berkisar dua bulan, dia juga bilang akan melakukan evaluasi.

“Saya menjadi kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan ini baru sekitar 2 bulan, saya masih fokus melakukan penataan internal, membuat program prioritas tahun ini dan melakukan evaluasi terkait kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya” Kata Kadistanbunkan Rosihan Indra saat ditemui wartawan di kantornya.

(AGUS DARMINTO )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button