JATIMJOMBANG

Bupati Jombang Imbau Pengurus Karang Taruna Baru Tancap Gas

Keterangan Foto: Bupati Jombang dalam pengukuhan pengurus Forum Karang Taruna se Kabupaten Jombang

JOMBANG, BIDIKNASIONAL.com – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab melantik pengurus baru Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang masa khidmat 2022-2027, Selasa (29/3/ 2022) di pendopo Kabupaten Jombang.

Pada acara tersebut juga turut menyaksikan pelantikan ini, Ketua Forum Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Agus Maimun, SE., M.HP dan anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah, ST., M.MPd, yang selaku Majelis Pertimbangan Organisasi beserta Drs. Muhdlor, M.Si. Sholahudin Hadi Sucipto, S.STP., M.Si., Rahmat Abidin, STP. Dan Alfiyah Ashmad, MA.

Selain itu, tampak hadir juga Pembina teknis Karang Taruna Kabupaten Jombang diantaranya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jombang. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Jombang. Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Jombang juga para Camat se Kabupaten Jombang.

Beberapa diantaranya pengurus baru Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang yang dikukuhkan adalah Junita Erma Zakiyah, SE sebagai Ketua, Ahmad Ulumuddin sebagai Sekretaris, Agung Prabowo sebagai Bendahara, dan 63 orang pengurus lainnya yang tersebar di sejumlah bidang organisasi mulai dari Kelembagaan dan Pendukung, Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Usaha Ekonomi Produktif dan Koperasi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Pengamanan Karang Taruna.

Pada saat itu dalam sambutannya, Bupati Mundjidah Wahab menghimbauh untuk seluruh pengurus baru Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang langsung bekerja setelah dikukuhkan. “Karang Taruna harus segera tancap gas. Gas Pol. Sebagai mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan dalam bidang ekonomi, sumber daya manusia, pariwisata, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan. Jangan lama-lama, setelah ini segera laksanakan rapat kerja, susun program disesuaikan dengan program OPD terkait untuk menentukan program-program Karang Taruna,” ujar Bupati Jombang  Mundjidah Wahab.

Salah salah satu contoh, Forum Karang Taruna kata Bupati Mundjidah bisa turut aktif mensukseskan program vaksinasi Covid-19. “Vaksinasi Dosis pertama dan kedua capaiannya telah semakin meningkat. Tinggal vaksinasi dosis ketiga atau booster  yang perlu digenjot. Oleh sebabnya Forum Karang Taruna harus hadir di sini, membantu pemerintah daerah dalam sosialisasi ke masyarakat,” tambah Bupati Mundjidah Wahab.

Untuk itu ,Karang Taruna juga bisa segera mendukung kegiatan olahraga, pariwisata, dan ekonomi. “Mau menggelar kejuaraan olahraga dan pengembangan destinasi wisata silakan berkoordinasi dengan Disporapar. Kalau mengenai UMKM, nanti bisa ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Ada banyak program untuk Karang Taruna,” imbuh Bupati Mundjidah.

Pada pernyataan senada juga disampaikan Ketua Forum Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Agus Maimun. “Karang Taruna bukan oposisi, namun sebagai mitra strategis  Pemerintah, karang taruna segera secara bersama bergotong royong  mendukung pemerintah dalam proses pembangunan menyusun program jangka pendek”, tandasnya

Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang Junita Erma Zakiyah, SE atau yang akrab disapa Mbak Ita dalam sambutannya mengatakan, pengurus baru yang dikukuhkan berasal dari latar belakang yang bermacam-macam. “Ada dari organisasi kepemudaan, aktivis sosial, pegiat UMKM, juga kalangan difabel,” ujar Junita.

Beberapa hal yang akan menjadi fokus Forum Karang Taruna Kabupaten Jombang masa khidmat 2022-2027 antara lain penguatan desa wisata, peningkatan UMKM khususnya di bidang kuliner. “Juga bidang olahraga, nanti akan ada kejuaraan yang dimulai dari level desa. Ini akan saling berkaitan dengan bidang UMKM dan pariwisata,” ujarnya. (Tok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button