28/09/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

LSM Format Banyuwangi Soroti Program Pemerintah Tangani Virus PMK

2 min read

Mas Soeroso, SE Ketua LSM FORMAT Banyuwangi

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan pemamah biak, mendapat sorotan dari Ketua Lembaga Swadsya Masyarakat (LSM) FORMAT (Forum 5 Maret) Banyuwangi.

Mas Soeroso, SE selaku Ketua LSM FORMAT Banyuwangi menyampaikan, Virus penyakit mulut dan kuku pada sapi, kambing dan sebagainya pada umumnya ini adalah merupakan Wabah, dan bagaimana untuk menanggulangi atau menafsirkan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak terutama sapi, kambing dan sebagainya sedangkan penyakit mulut dan kuku pada sapi dan kambing ini adalah merupakan Wabah, dan bagaimana untuk menanggulangi.

“Virus PMK datangnya tidak bisa kita prediksi kapan datangnya Wabah ini, dan dengan vaksinasi secara rutin dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi. Sedangkan pedagang hewan ternak sudah mempersiapkan untuk menjual hewan ternaknya di bulan haji/ Idul Adha, dapat mengalami kerugian termasuk orang-orang yang biasanya pada hari Raya Haji ini menerima daging kurban. Diperlukan mensosialisasikan oleh Pemerintah bahwa daging kurban bisa dinyatakan sehat dan layak untuk disembelih dan dikonsumsi oleh masyarakat,” urainya kepada BN.com (18/5/2022).

Lanjut Mas Soeroso, mempertanyakan, Apakah Pemerintah sudah menyediakan vaksin untuk hewan ternak tersebut ? Apakah sudah ada program dari Pemerintah guna mensosialisasikan pada masyarakat terkait vaksin untuk hewan ternak terutama pemilik hewan ternak dan pedagang ? Bagaimana caranya agar pemilik hewan ternak dan pedagang percaya bahwa daging kurban bebas dari virus PMK dan layak disembelih serta layak dikonsumsi masyarakat ?

Harapannya semoga Wabah virus PMK ini cepat berlalu, sehingga pemilik hewan ternak dan pedagang merasa senang dan nyaman menjual hewan ternaknya di bulan haji/ hari raya Idul Adha.

Laporan : @dj/Tim

Editor     : Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.