BANYUMAS

Kunjungan Dalprog Korem 071/Wijayakusuma di Wasev Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro

BANYUMAS, BIDIKNASIONAL.com – Tim Pengendali Program (Dalprog) Kodam IV/Diponegoro yang dipimpin Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Wisnu Kurniawan kunjungi Makorem 071/Wijayakusuma dalam rangka Pengendalian Program di jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro setibanya di Makorem 071/Wijayakusuma disambut Danrem 071/Wijayakusuma beserta staf di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. Senin (6/6/2022).

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengawali sambutannya mengatakan selamat datang di Makorem 071/Wijayakusuma kepada Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro.

Dikatakan, tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro tersebut mengunjungi Makorem 071/Wijayakusuma dalam kegiatannya untuk mengetahui dan melihat sejauh mana pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran (Progjagar) Korem 071/Wijayakusuma sampai dengan Triwulan II Tahun 2022.

“Kunjungan tim Dalprog dari Kodam IV/Diponegoro ini, sasaran utamanya akan difokuskan pada pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran atau Progjagar sampai dengan Triwulan II Tahun 2022”, terangnya.

Terkait hal tersebut, Danrem meminta segenap pejabat yang membidangi masalah anggaran dan perbendaharaan, dapat menjelaskan kondisi daya serap anggaran yang telah dilaksanakan disertai bukti-bukti fisik dan administrasinya.

Danrem juga menghimbau, apabila ada hal-hal yang belum sesuai dengan kebijakan Dalprog yang diterapkan untuk segera dikonsultasikan. Hal ini karena kegiatan Dalprog ini bukan dimaksudkan untuk mencari temuan, akan tetapi untuk melaksanakan pengendalian program dan anggaran agar berjalan lebih baik, lebih efektif dan akuntabel.

“Tujuan tim datang kesini untuk memberi informasi dan mengarahkan serta konsultasi apabila ada hal hal yang belum sesuai dengan target, apa bila ada temuan temuan segera di sampaikan agar bisa di tertibkan, karena memang kondisinya ada beberapa jabatan yang kosong, sehingga mungkin pejabat baru masih dalam proses penyesuaian. Saya sampaikan kepada para pejabat yang membidangi hal anggaran agar tidak segan segan menyampaikan kepada tim Dalprog apabila menemui kendala di lapangan manfaatkan kunjungan ini untuk mendapatkan informasi apa yang menjadi keinginan pimpinan kita, Kasad, Pangdam maupun Kasdam, sehingga dapat di peroleh satu kesaman visi dan misi untuk melaksanakan program anggaran”, pesannya.

Sementara itu, Ketua Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro, Asrendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Wisnu Kurniawan mengatakan tujuan pengendalian progam adalah bukan untuk men cari kesalahan tapi kita lebih fokus agar pengendalian program baik jalanya dan fungsi pengendalian ada di Staf Perencanaan. “Inspektorat dan Ren itu sejajar dalam tugasnya pengawasan dan pengendalian. Secara organisasi, Srendam langsung di bawah Pangdam, tugas pokoknya adalah membantu Pangdam khususnya di bidang Prencanan dengan 5 biro yakni Biro Perencanan, Biro Program, Biro Menejemen, Biro Anef, Biro Anggaran”, ungkapnya.

Dikatakan pula, ada beberapa kegiatan di bidang Perencanan, yakni menyusun perencanaan jangka sedang hingga tahunan dalam rangka menyusun Rencap Nag yang bentuknya adalah dokumen naskah renstra. Dalam dokunen naskah, jangan beranggapan Ren cuma berkaitan dengan anggara. Di bidang program, kita melaksanakan mengkoodinir, menyusun dan menyiapkan renprograr serta menerima dan melaksanakan Dipa di bidang manajemen, melaksanakan pengkajian dan pembinan organisasi dengan menganalisa dan mengevaluasi pengembangan satuan di wilayah kita. Dibidang anggaran, dari mensosialisasi RA masalah keuangan serta mengendalikan, mengawasi program dan anggaran. Karena daya serap berprngaruh dengan penilaian indeks kinerja yang bisa berdampak pada tunjangan kinerja kita. Dibidang Anef dan Dalpro, kita laksanakan analisa program anggaran kususnya di wilayah Kodam IV. Kita juga menyiapkan Laplagar yang bersumber dari APBN ini adalah termasuk kegiatan Sisfo (Sistem Informasi Pembinan Operasional).

“Sisfo ini yg perlu kita kembangkan, agar kita mudah mencari data data disetiap satuan. Itu semua adalah tugas pokok Staf Perencanaan sebagai pemahaman bahwa Staf Ren luas”, paparnya.

Laporan: Peni Kusumawati

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button