28/09/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

JKN Tetap Jadi Andalan Eko Dalam Kondisi Darurat

2 min read

Eko Rudianto (38) Peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah

PROBOLINGGO, BIDIKNASIONAL.comTerdaftar menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai peserta Pekerja Penerima Upah dari anggota TNI, Eko Rudianto (38) telah merasakan manfaat kartu BPJS Kesehatan miliknya. 

Pria yang berdinas di Kodim 0820 Probolinggo ini berbagi pengalaman mendapatkan pelayanan saat dirinya terpeleset dirumah dan mengakibatkan tangannya cidera patah tulang. 

Sebagai anggota TNI tentunya kondisi fisik dan jasmani yang prima menjadi modal utama untuk menjalankan kegiatan kedinasan. Hal tersebut yang selalu dijaga oleh Eko. Namun musibah datang tanpa aba – aba, Eko saat itu sedang kegiatan ringan di rumah dan dirinya terpleset hingga mengakibatkan tulang pergelangan tangan kiri mengalami patah tulang, sehingga harus dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan operasi.

“ Saat itu saya terpeleset, dan tangan saya posisi nahan tapi salah posisi jadi patah tulang. Langsung saya bawa ke UGD (Unit Gawat Darurat) untuk di periksa dan hasilnya menunjukan tulang tangan saya patah, sehingga untuk penanganan lebih lanjut, saya harus dioperasi pemasangan pen. Ini pertama kalinya saya merasakan manfaat Program JKN yang luar biasa,” Jelas Eko.

Saat pelayanan di rumah sakit, Eko segera mendapatkan jadwal operasi yang dilakukan esok harinya. Setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit untuk pemulihan pasca operasi, kondisinya mulai membaik dan dinyatakan bisa pulang.

“ Pas saya jatuh dan ternyata patah tulang itu jujur mikir berapa nanti habisnya? Apa bisa dijamin BPJS Kesehatan?, dan saat melengkapi administrasi pembayaran, tidak terbayangkan sama sekali operasi pemasangan pen itu sepenuhnya dijamin oleh BPJS Kesehatan. Alhamdulillah saya tidak dibebankan biaya apapun,” tambah Eko.

Dari kejadian yang menimpanya, Eko sangat beruntung telah memiliki kartu JKN. Tidak bisa dibayangkan sebagai anggota TNI yang sering berdinas dimanapun ditempatkan jika keluarga atau dirinya sakit dan tidak memiliki penjaminan kesehatan, berapa besar biaya yang harus dikeluarkan. Manfaat dari JKN telah didapatkan Eko dan dirinya benar – benar bersyukur.

“Saya sekeluarga kepinginnya sehat terus, tapi semua itu takdir yang tentukan. Minimal saya dan keluarga sudah punya perlindungan jika ada keluhan kesehatan lainnya. Setelah saya gunakan, ternyata Banyak manfaat dari JKN, ya administrasi, biaya obat, rawat inap sampai sembuh, dan semua itu dijamin JKN. Tidak ada ruginya menjadi peserta BPJS Kesehatan,” tutup Eko.

Laporan: rn/gt/boody

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.