JAKARTA

Marinir Wajib Miliki Ketrampilan Beladiri

JAKARTA, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka menindak lanjuti perintah Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto tentang pentingnya mengasah kemampuan beladiri bagi seluruh Prajurit Korps Marinir dan wajib hukumnya. Beladiri akan membentuk karakter Prajurit serta membangun Militansi Prajurit Petarung Korps Marinir.

Korps Marinir turut serta dalam melestarikan budaya asli Bangsa melalui seni pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (dikenal luas sebagai PSHT atau SH Terate) yang resmi menjadi salah satu jenis beladiri Pasmar 1. Diresmikan Pada 11 Juni 2020.

Berdasarkan Surat Perintah Komandan Pasmar 1 nomor sprin/540/VI/2020 tentang pembentukan Komisariat Pasmar 1 PSHT dibawah pembinaan Cabang Jakarta Utara yang bertujuan sebagai sarana pembinaan olahraga beladiri pencak silat dilingkungan Pasmar 1.

Mayor Mar Nungki Andis Purwa yang ditunjuk sebagai Pelatih menyampaikan,”
PSHT memiliki arti “Sebuah Persaudaraan Pencak Silat yang mempunyai tujuan mendidik dan membentuk manusia yang berbudi luhur, tahu benar dan salah, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, mengajarkan kesetiaan pada hati sanubari sendiri, serta mengutamakan persaudaraan.

PSHT juga merupakan salah satu Organisasi pencak silat yang tergabung dan turut serta mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Lebih lanjut, PSHT memiliki inti unsur pembelaan diri untuk mempertahankan kehormatan, keselamatan, kebahagiaan, dan kebenaran. Materi yang diajarkan terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu :

– Kelompok pertama adalah pencak silat ajaran (pemula) yang terdiri dari, senam massal, senam dasar, jurus, senam dan jurus toya, jurus belati, kuncian (kripen).
Sedangkan silat seni untuk tunggal, ganda, dan beregu.

– Kelompok kedua adalah, kelompok pencak silat prestasi untuk mengikuti kejuaraan atau ajang olahraga yang melibatkan pencak silat dengan materi tanding dan seni baik tunggal, ganda, maupun beregu.

– Kelompok ketiga adalah kelompok Pencak Silat Bela Diri Praktis yang diberi materi bela diri profesional, pertunjukan dan keterampilan khusus.

“Dengan bergabungnya PSHT di jajaran Korps Marinir diharapkan mampu memberi warna baik dibidang kemampuan beladiri perorangan maupun prestasi yang akan membawa nama baik satuan dan bangsa.” Pungkas Mayor Purwa.

Laporan: Supra/NAP

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button