MATARAMNTB

Bayi Triplet Berasal dari Gili Air Berhasil Diselamatkan Pihak RSUD Provinsi NTB

MATARAM, BIDIKNASIONAL.com – Bayi kembar 3 lahir dengan selamat di RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat hari Rabu, 29/06/22 Pukul 00.40, bayi lahir kembar 3 tersebut berjenis kelamin Perempuan dari pasangan Ibu Istikharoh dan Bapak Dedi yang berasal dari Gili Air.

Bayi kembar tiga lahir dengan SC, karena sudah pecah ketuban tidak bisa ditunda karena akan beresiko pada ibu dan bayi, dan bayi tersebut dilahirkan secara SC di OK cito.

Begitu keterangan dr. I Ketut Adiwirawan, Msc, Sp,A(K) saat dihubungi wartawan via whatsAap, Minggu 18/09/22.

“Kami merawat bayi kembar 3 yang berasal dari Gili Air, kita dapat rujukan dari Puskesmas Pemenang lewat Poli ternyata bayinya harus segera dilahirkan karena sudah pecah ketuban, mungkin bayi kembar 3 ini bisa kita bantu lahirkan secara elektif, tapi karena sudah tidak bisa ditunda dan berisiko buat bayi dan ibunya jadi bayi tersebut dilahirkan secara SC di OK Cito”. Jelasnya.

dr. Adi juga mengatakan bahwa bayi kembar 3 tersebut lahir dengan kegawat daruratan dengan persiapan yang matang, keberhasilan proses kelahiran tentunya ada dukungan dari pihak kegawat daruratan Maternal Neonatal.

“Dilahirkan di ruang operasi dengan kegawt daruratan dengan persiapan matang, dukungan dari semua pihak gawat darurat Maternal Neonatal kita sudah siap dan mampu untuk membuat bayi ini stabil walaupun lahirnya dalam gawat darurat termasuk disini adanya dukungan dari semua tim Perawat, Tim Nutrisi, Tim Farmasi, dan Labotorium sehingga bayi ini bisa kita serahkan kembali ke keluarga dengan sehat”. Ungkapnya.

Disamping itu, Direktur RSUD Provinsi NTB juga menambah beberapa fasilitas untuk memenuhi target RSUD Provinsi NTB naik menjadi RS kelas A, dengan memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan layanan di RSUD Provinsi NTB termasuk dalam penanganan kasus seperti bayi kembar 3 ini.

Terlepas dari itu, dr. Adi juga menjelaskan perkembangan dan berat lahir bayi 3 yang berhasil Ia selamatkan bayi 1: 1875 gram, bayi 2: 1935 gram, dan bayi 3 1840 gram, seiring dengan perbaikan kondisi bayi 1 yang paling lama kita rawat di NICU, pelan-pelan sudah bisa dirawat diruang transisi yaitu ruang Kanguru. dan selama dirawat ada perkembangan pada ketiga bayi tersebut, perkembangan bayi 1: 1900 gram, bayi 2: 2215 gram, dan bayi 3:2020 gram.

Saat ditemui Siti Utamy Sulasty, S.Gz, M.Gz. selaku ahli gizi NICU orang tua bayi kembar 3 mengatakan bahwa anak kembar 3 ini merupakan anak kedua mereka dan anak pertama berusia 10 tahun berjenis kelamin laki-laki, Ibu Istikharoh menceritakan bahwa ketika Ia tahu hamil kembar 3 saat usia kehamilan 5 bulan setelah di USG, kemudian dapat saran dari dokter harus dirawat di RSUD Provinsi NTB agar mendapat penanganan yang lebih baik dan bagus, tandasnya.

Laporan: Aini

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button