BANYUWANGIJATIM

Sambut Bendera Pataka, Bupati Ipuk: Momen Penyemangat Bersama Bangun Jatim

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut langsung bendera Pataka Provinsi Jawa Timur “Jer Basuki Mawa Beya” di halaman Pendopo Sabha Swagata, Banyuwangi, Senin (19/9/2022). Kirab bendera pataka ini sebagai rangkaian Peringatan Hari Jadi ke – 77 Provinsi Jawa Timur.

Bendera pataka tersebut sebelumnya dibawa dari Kabupaten Situbondo menuju Banyuwangi. Warga Banyuwangi terlihat antusias menyambut kedatangan pataka tersebut. Di sepanjang perjalanan menuju Pendopo, iring-iringan kirab pataka disambut meriah warga dan pelajar.

Saat tiba di Pendopo, kirab disambut meriah dengan beberapa penampilan. Mulai dari penampilan kesenian Gandrung, tari Kembang Pesisiran, hingga drumband dari SMKN 1 Kalipuro.

Upacara serah terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya diawali dengan penyerahan pataka dari Kepala Satpol PP Kabupaten Situbondo, pada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan selanjutnya pataka tersebut diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi, untuk selanjutnya dibawa ke Jember.

Upacara penerimaan tersebut melibatkan personil Satpol PP, Linmas dan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Penutupan kirab pataka dengan pembacaan Ripta Prasasti (prasasti yang ditulis di atas daun lontar) oleh Bupati Ipuk yang berisi amanat singkat Gubernur Jawa Timur. Dalam Ripta Prasasti itu dijelaskan, Gubernur Jatim Khofifah mengajak seluruh pimpinan kepala daerah untuk senantiasa menjaga konsistensi dalam sinergitas dan kolaborasi dalam membangun kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim.

Dalam kirab ini tidak hanya bendera Pataka Provinsi Jawa Timur saja yang diarak dengan mobil bak terbuka. Terdapat juga bendera pataka kesatuan Satpol PP, Linmas serta kesatuan pemadam kebakaran serta bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 tahun 2022.

Prosesi penyambutan bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sugirah, Sekretaris Daerah, Mujiono, serta perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi.

Ipuk mengatakan rasa syukurnya atas tibanya pataka di Banyuwangi dengan lancar. Bendera pataka Jer Basuki Mawa Beya diagendakan singgah di seluruh wilayah kabupaten/kota se-Jawa Timur.

“Alhamdulillah sudah tiba di Banyuwangi, dan selanjutnya akan kami serahkan ke Kabupaten Jember. Selamat Hari Jadi Provinsi Jatim. Mudah-mudahan ini menjadi momentum penyemangat untuk kita semua sama-sama membangun Jatim,” ujar Ipuk.

Ipuk berharap Provinsi Jatim semakin lebih baik lagi ke depanya dan terus bersinergi dengan seluruh kabupaten/kota, termasuk dengan Banyuwangi.

“Semoga Jatim semakin hebat, semakin maju, semakin kompak dan berkolaborasi dengan kabupaten/kota. Dengan dipimpin Ibu Gubernur Jatim, kita berharap semua daerah di Jatim bisa sama-sama berkembang, dan akan semakin lebih baik lagi di waktu yang akan datang. Selamat Hari Jadi ke – 77 Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya.

Laporan: j01_81/-edy

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button