CILACAPJATENG

PMI Bersama RSUD Cilacap Gelar Operasi Katarak Gratis

Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan RSUD Cilacap mengadakan operasi katarak gratis dalam rangka HUT PMI Ke77 Tahun dan Hari Kesehatan Nasional ke 58 Tahun (05/11/2022)/ foto: Asep Saepudin/Asep granat

■ Dalam Rangka HUT PMI ke 77 Tahun dan HUT Kesehatan Nasional ke 58 Tahun

CILACAP, BIDIKNASIONAL.com – Sabtu 05.11.2022, bertempat di Klinik Pratama Rawat Inap di Jalan Raya Slarang KM 12 Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah, Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan RSUD Cilacap menggelar operasi katarak gratis dalam rangka HUT PMI Ke77 Tahun dan Hari Kesehatan Nasional ke 58 Tahun.

Terpantau, antusias masyarakat, khususnya bagi warga kurang mampu dan belum memiliki BPJS Kesehatan mendaftar sebagai Pasien Operasi Katarak.

Untuk diketahui, jumlah pendaftar sebanyak 117 pasien, adapun pelaksanaan operasi katarak dilaksanakan selama dua hari (5 – 6 November 2022).

Dihari pertama, PMI bersama RSUD CILACAP melakukan Operasi katarak sebanyak 50 mata, dan dihari selanjutnya akan dilakukan seluruh pasien sesuai jadwal dari poli mata RSUD Cilacap.

Peserta wajib melakukan screening/pemeriksaan pasien. Jika lolos sehat memenuhi persyaratan dapat dilakukan operasi katarak di Klinik Pratama Rawat inap di Jalan Raya Slarang KM 12, Kesugihan, Kabupaten Cilacap.

Nampak hadir, seluruh kepengurusan PMI Kabupaten Cilacap antara lain Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Drs.Farid Mar’uf, dr.Yuyung Budiwaskita dan Koesdjarjo.

Drs Farid Mar’uf dalam sambutannya mengatakan, operasi katarak gratis diperuntukan bagi warga yang belum terdaftar di BPJS kesehatan.

“Apa yang diberikan masyarakat, kembali lagi kepada masyarakat. Manfaat seperti sekarang ini, dihari PMI yang ke 77 tahun mengadakan Operasi katarak gratis bekerja sama RSUD Cilacap. Dimana bersamaan dengan Hari Kesehatan Nasional yang ke 58 Tahun.

“Mata adalah Jendela dunia”, jadi kami berharap semoga bermanfaat bagi masyarakat banyak dihari PMI yang ke 77 Tahun ini, dan kita akan terus mengadakan Bhakti sosial setiap tahun operasi katarak.

Semoga PMI Kabupaten Cilacap terus berkarya nyata untuk kebaikan, untuk kemanusiaan dan kesehatan bagi masyarakat, ungkap Ketua PMI kabupaten Cilacap Drs Farid Mar’uf kepada awak media.

Sementara itu, Adang (70), perwakilan pasien operasi katarak dari Kecamatan Dayeuhluhur  mengatakan, alhamdulillah, adanya Operasi Katarak Gratis yang diadakan oleh PMI kabupaten Cilacap dalam rangka HUT PMI Ke77 Tahun dan Hari Kesehatan Nasional yang ke 58 Tahun, kami delapan orang pasien bersama para pendamping, sangat bersyukur dan mengucapkan banyak terimakasih kepada PMI kabupaten Cilacap dan RSUD Cilacap.

“Operasi katarak gratis benar benar sangat banyak membantu memberikan kemudahan dan sangat baik dalam pelayanan kepada pasien dan pendamping pasien. PMI Kabupaten Cilacap memfasilitasi dengan pelayanan serba gratis, baik jamuan makan gratis, mobil gratis menuju tempat operasi di RSUD Cilacap, obat gratis, penginapan gratis dan memudahkan pasien operasi katarak dalam cek hasil operasi katarak serta diberikan obat tetes mata gratis,” ucap Adang.

Selain itu, Ecin kuraesin pasien operasi katarak juga dari Dayeuhluhur memberikan doanya, semoga Keluarga besar PMI kabupaten Cilacap Jawa tengah bersama keluarga besar RSUD Cilacap diberikan kesehatan dan terus menebar kebaikan dan semoga Allah SWT memberikan pahala yang berlipat bagi keluarga besar PMI kabupaten Cilacap bersama RSUD Cilacap, ungkap Ecin.

Ditembahkan, Tak lupa kami keluarga besar Pasien Operasi katarak gratis bersama Pendamping pasien mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah kecamatan Dayeuhluhur yang telah memfasilitasi keberangkatan. Kami bersyukur dari delapan pasien operasi katarak warga Kecamatan Dayeuhluhur bisa mengikuti operasi katarak berjalan lancar dan selamat, tutupnya.

Laporan: Asep Saepudin/Asep granat

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button