BANYUWANGIJATIM

Pastikan Keamanan KTT G20, Banyuwangi Dipasang 17 CCTV

Pengamanan ekstra berupa pemasangan 17 titik kamera pengawas atau CCTV di Pelabuhan Rakyat, Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dan Pelabuhan Tanjung Wangi (foto: hms)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersama TNI-POLRI memberikan pengamanan ekstra di sejumlah pelabuhan di Banyuwangi, Jawa Timur. Pengamanan ekstra tersebut, berupa pemasangan 17 titik kamera pengawas atau CCTV di Pelabuhan Rakyat, Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dan Pelabuhan Tanjung Wangi.

Belasan CCTV tersebut disiapkan untuk memantau keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022.

“Kamera pengawas (CCTV) yang terpasang sebanyak 17 titik merupakan supporting dari Dinas Kominfo Kabupaten Banyuwangi termasuk DVR dan jaringan internetnya,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa, Rabu (9/11/2022).

Kombes Pol Deddy juga menyampaikan bahwa pihaknya hal tersebut guna memastikan keamanan dan kelancaran G20 di Bali. Terutama di pelabuhan yang ada di Banyuwangi.

“Banyuwangi merupakan pintu masuk utama dari Pulau Jawa menuju ke Bali. Sehingga pengamanan harus dilakukan. Pemasangan CCTV itu digunakan untuk memantau pergerakan orang dan barang, baik sebelum hingga pelaksanaan KTT G20 di Bali sampai selesai,” tegas Kapolresta Banyuwangi.

Kombes Pol Deddy menyampaikan bahwa langkah tersebut guna memitigasi dan memastikan keamanan pada saat menjelang maupun ketika pelaksanaan KTT G20 jangan sampai dimanfaatkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang berniat akan membuat kerusuhan atau mengganggu pelaksanaan KTT G20.

Dijelaskan, pemasangan CCTV itu sesuai komposisi yang dibutuhkan.“Kita pasang juga beberapa kamera pengawas di Pelabuhan Rakyat. Namun lebih banyak kita pasang di area Pelabuhan ASDP Ketapang dan Pelabuhan Tanjung Wangi,” terangnya.

Dalam mendukung kesuksesan KTT G20 ini, pengamanan Polresta Banyuwangi hanya sebagai penyeimbang. Sedangkan pengamanan terpusat ada di Bali.

“Kami menurunkan 380 personel kepolisian dalam pengamanan imbangan KTT G20 ini,” ujar Kapolrtesta Banyuwangi.

Selain personel dari Polresta Banyuwangi, pengamanan juga dilakukan oleh anggota dari Polda Jatim dan TNI. “Kami juga didukung 1 SSK personel Sabhara Polda Jatim dan Satuan Setingkat Peleton Brimob,” tutup Kombes Pol Deddy.

Laporan: j_0181/_tyo

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button