JATIMMAGETAN

Sarasehan Dialog Kesenian; “Magetan Rahim Indonesia”

Sarasehan Dialog Kesenian Haul Gubernur Soerjo” dalam rangka memperingati HUT Jatim ke 77 (Foto: hms)

■ Haul Gubernur Soerjo Dalam Rangka HUT Jatim ke 77

MAGETAN, BIDIKNASIONAL.com – Haul Gubernur Soerjo Jawa Timur yang diadakan tahun 2022 bertepatan hari Pahlawan 10 Nopember 2022 yang diselenggarakan beberapa hari, termasuk Ziarah dan Kajian bersama KH Ahmad Muwafiq kemarin dan hari ini, Sabtu ( 12/11) di ruang jamuan Pendopo Suryagraha diadakan Sarasehan Dialog Kesenian Haul Gubernur Soerjo” dalam rangka memperingati HUT Jatim ke 77.

Ari Santo sebagai narasumber mengutarakan, bahwa kepemimpinan Raden Mas Temenggung Soerjo saat menjadi Gubernur Jawa Timur pertama saat di zaman revolusi dan merupakan cobaan pertama bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 .

“Model kepemimpinan yang dijalankan Gubernur Soerjo saat itu tidak menggunakan konsep-konsep yang sudah ada tetapi menggunakan sistem berbeda yang disesuaikan era jaman revolusi dan ketika terjadi saat Belanda membawa Inggris ingin merebut kembali Indonesia, yaitu 2 kebudayaan saat itu Mataraman dan arek. Mataraman terkenal dengan manunggal,Sombo dan Bendo nya sedangkan arek terkenal dengan Yo opo enak e (bagaimana enak nya)? dan kalah cacak menang cacah yang kemudian dirumuskan dan dikembangkan dalam bentuk kepimpinan dalam masa revolusi yang kemudian dipergunakan sebagai landasan kepemimpinan selanjut nya “, ujar Ari Santo.

Sarasehan Bedah Sejarah pada sore hari ini dihadiri oleh siswa siswi SMA sederajat serta para pemerhati sejarah di Kabupaten Magetan. Dengan diselenggarakannya kegiatan sarasehan kali ini, diharapkan para generasi muda Magetan khususnya, dapat lebih mengenal sosok pahlawan nasional yang berasal dari tanah kelahirannya sendiri.

Joko sebagai nara sumber ke dua dalam sarasehan yaitu dalam mengembang kajian keindonesian dimana masyarakat Indonesia tidak pernah mengajar dan belajar tentang ke Indonesian.

Lanjutnya, tidak seperti hal yang ada di Muhammadiyah dan NU selalu mempelajari tentang kemuhamdiyahan dan ke NU an dan mereka bangga akan itu.

Panjangnya pemaparan yang disampaikan oleh ke dua narasumber yang begitu gamblang dan lugas, para undangan yang hadir tetap betah untuk mendengarkan dari ke dua narasumber dan satu dari Muris sebagai moderator karena dia sebagai keturunan Gubernur Soerjo walaupun berjam-jam .

Rangkaian Haul Gubernur Soerjo 2022 tersebut akan berlangsung sampai dengan 19 November 2022. Masih ada beragam kegiatan yang akan digelar di Magetan. Puncak rangkaian tersebut akan dimeriahkan oleh Farel Prayoga di GOR Ki Mageti, Kabupaten Magetan.

Laporan: Ashar/Rilis

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button