JATIMMOJOKERTO

Dipenghujung Tahun 2022 Bupati Mojokerto Resmikan Dua Proyek TKNP

dr. Hj. Ikfina Fatmawati Bupati Mojokerto meresmikan Pembangunan dua Unit Sekolah baru (Laporan: Hosnan)

MOJOKERTO, BIDIK NASIONAL.com –Dipenghujung tahun 2022 dr. Hj. Ikfina Fatmawati Bupati Mojokerto meresmikan Pembangunan dua Unit Sekolah baru Taman Kanak-kanak Negeri Pembina (TKNP) 1 Mojosari dan TKNP 1 Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, di TKNP 1 Mojosari, yang berada di Jalan. Tribuana Tunggadewi No. 5 desa Menanggal, Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Selasa (27/12/2022).

Kehadiran Bupati perempuan pertama kali di Mojokerto, mendapat sambutan meriah dari para undangan. Rombongan Bupati juga disambut tari-tarian yang dipersembahkan siswa-siswi TKN Pembina 1 Mojosari.

Bupati perempuan pertama Mojokerto ini, dalam kata sambutannya menyampaikan dan sekaligus mengapresiasi atas penyambutan tari dari anak-anak yang lincah dan gemulai. Ini menunjukkan bahwa anak-anak mempunyai sikap keberanian dan ketangguhan mental.

“Pendidikan usia dini ini, butuh sentuhan dari para ibu-ibu sehingga menjadikan anak-anak yang pintar di masa depannya,” harap Bupati.

Ardi Sepdianto, Kepala Dinas Pendidikan (Kadis Disdik) Kabupaten Mojokerto, dalam laporannya mengatakan bahwa dasar pelaksanaan Pembangunan dua Unit Sekolah Baru TKNP 1 Mojosari dan TKNP 1 Dawarblandong adalah sebagaimana Keputusan Mentri Pendidikan Nasional (Kemendiknas) No. 60/C/2022 Tentang Pedoman Pendirian Sekolah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No.36 Tahun 2014, Tentang Pedoman Pendirian dan Penutupan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Serta mengacu petunjuk pelaksanaan Pedoman Pembangunan Sekolah / Madrasah dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya.

“Adapun tujuan pembangunan sekolah tersebut adalah dalam rangka pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan sekolah di wilayah Kabupaten Mojokerto, yang tentu muaranya adalah peningkatan pelayanan mutu pendidikan di Kabupaten Mojokerto,” dalam pidato Ardi, di hadapan Bupati dan rombongan serta Kasek dan Guru TKNP 1 Mojosari serta walimurid.

Lebih jauh ia mengatakan, bahwa, peresmian proyek pembangunan dua unit sekolah baru ini memang dipusatkan di Menanggal Kecamatan Mojosari, yang meliputi TKNP 1 Mojosari dan TKNP 1 Dawarblandong. Hasil yang diharapkan dari dua pembangunan sekolah ini adalah akan dapat menyediakan fasilitas infrastruktur sarana dan prasarana pendidikan sekolah yang memadai bagi anak didik.

“Dengan sarana dan prasarana yang memadai, diharapkan bisa berkontribusi dalam penurunan Stunting di wilayah Kabupaten Mojokerto. Sumber dana pembangunan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022,” jelas Ardi yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto. 

Masih kata Ardi, Panggilan akrab Kadispendik, dirinya berharap Bupati memberikan sambutan, pengarahan peresmian untuk membuka secara resmi pelaksanaan peresmian TKNP 1 Mojosari dan TKNP 1 Dawarblandong dengan menggunting pita serta mengecek hasil pembangunan TKNP yang baru. Dalam sambutan Bupati Ikfina dalam Resmikan 2 Pembangunan Unit Sekolah Baru TKN Pembina mengatakan, pembangunan gedung untuk TKN Pembina ini sudah selesai dilaksanakan.

Ia berharap kedepannya bagaimana gedung ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dirawat. Ia menyebut pengelolaan sekolah ini tidak cukup diserahkan hanya kepada kepala sekolah maupun guru-gurunya.

“Tetapi para komite sekolah dan orang tua murid juga diharapkan bisa berkontribusi dalam menjaga dan merawat serta memikirkan bersama sama agar anak-anak ini merasa bahagia dan gembira ketika mereka berada di sekolahnya,” ujarnya. 

Ardi yang merupakan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemdakab Mojokerto juga mengajak para guru dan orang tua untuk cermat melihat potensi anak-anaknya. Menurutnya setiap anak mempunyai ciri khas masing-masing dan akan hebat sesuai bakat minatnya.

“Tugas orang tua dan para guru adalah untuk memberikan kesempatan dan mendorong anak-anak agar semakin mengembangkan bakatnya dengan baik. Sehingga mereka akan menjadi orang-orang hebat pada masanya,” ucapnya.

Ditemui usai peresmian TKNP, Adi Mahendarto Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto mengatakan, ke depan pembangunan unit sekolah TKNP baru, akan kami sesuaikan dengan desain. Hal itu sangat memengaruhi mental anak.

“Jadi bentuknya konvensional, seperti di Dawarblandong. Dengan harapan antusias masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di TKN Pembina. Anak-anak jadi senang, Gurunya juga ikut senang dan masyarakat punya rasa memiliki,” tegas Adi panggilan akrab pejabat Sarpras tersebut.

Hadir dalam Peresmian TKNP 1 dan TKNP 1 Dawarblandong, Kepala Forkopimda, Kepala Dinas Pendidikan, Asisten Administrasi, DPRKP2, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kadinkes, Kepala Satpol PP, Adm Pembangunan, Camat Mojosari, Camat Dawarblandong, Kepala Bapeda, Dewan Pendidikan, Kades Menanggal, Kepala Sekolah TKNP, Walimurid dan Undangan.(husnan ) ada poto gunting pita penanda tangan 2 prasasti.

Laporan: Hosnan

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button