JATIMJOMBANG

Jelang Lebaran, Dinas PUPR Jombang Tingkatkan Pemeliharaan Ruas Jalan

Peningkatan jalan dilakukan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Jombang melalui pemeliharaan secara rutin di sejumlah ruas jalan kabupaten menjelang lebaran Idulfitri 2023 (Foto: tok)

JOMBANG, BIDIKNASIONAL.com – Dampak positif konektivitas jalan pada Fasilitas layanan publik hingga sarana penunjang keselamatan dan kenyamanan pengendara terus ditingkatkan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Sebagai upaya peningkatan jalan dilakukan melalui pemeliharaan secara rutin di sejumlah ruas jalan kabupaten terutama menjelang lebaran Idulfitri 2023.

Peningkatan pemeliharaan jalan terus dilakukan bertujuan memberikan kenyamanan bagi pengendara sekaligus sebagai fungsi jalan bebas hambatan,l namun juga memiliki tujuan penting dalam menciptakan dampak positif pada peningkatan pemeliharaan jalan yang nantinya memperlancar kepada setiap fasilitas yang di tuju masyarakat.

“Kegiatan rutin yang kami lakukan saat ini adalah pemeliharaan jalan. Selain memberdayakan dua UPT, kami juga tetap menerjunkan tim unit reaksi cepat (URC),” ujar Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang Bayu Pancoroadi kepada wartawan pada (6/4/2023).

Sebagaimana diketahui, adalah pemeliharaan ruas jalan alternatif Jombang-Kediri yang ada di Diwek-Brambang di Kecamatan Diwek dengan diameter yang mengganggu dan membahayakan warga pengguna jalan.

Saat ini untuk pemeliharaan dilakukan dengan menutup atau menambal kerusakan lubang jalan menggunakan material hotmix atau aspal panas. Hotmix digunakan saat cuaca cerah.

Menurut Bayu, Kepala Dinas PUPR Jombang menjelaskan bahwa pada pemeliharaan ini rutin dilakukan melalui program PUPR, dan peningkatan ruas jalan tersebut diakibatkan jalan mengalami penurunan fungsi yang membuat pengendara yang melintas tidak nyaman dan membahayakan pengguna.

Selain itu untuk pada perencanaan untuk Ruas jalan Diwek-Brambang itu termasuk dan merupakan akses vital yang harus tetap dipelihara untuk mendukung kelancaran operasional bagi penduduk setempat.

Selanjutnya dikatakannya, “Di ruas Diwek-Brambang, diameter lubang yang ada berpotensi membahayakan pengguna jalan. Untuk menutup lubang itu, kami menggunakan material hotmix,” ungkap Bayu.

Perlu diketahui, pada pemeliharaan infrastruktur memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi maupun pertumbuhan dunia usaha, antar desa antar kecamatan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakannya lagi,” untuk pemeliharaan jalan akan dilakukan di seluruh kecamatan dan desa yang menjadi tanggung jawab dinasnya. Diutamakan yang rusak dan perlu sentuhan,” ujarnya.

“Selain itu, pada pemeliharaan infrastruktur jalan untuk menjaga kondisi jalan agar tetap baik, ini termasuk untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan,” tutupnya.

Laporan: Tok

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button