MATARAMNTB

10 PJB Class Academy Siswa SMKN 3 Mataram Laksanakan Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

MATARAM, BIDIKNASIONAL.com – PJB Class Academy dari SMKN 3 Kelas XII TKL A yang terdiri dari 10 siswa Melaksanakan Program keahlian teknik ketenagalistrikan dengan dibimbing langsung oleh pembimbing sekolah yakni bapak Wardoyo, S.Pd. Senin. 24/07/23

Selaku PLH Manajer PLN UPK Lombok Rinrin Kristianti menyampaikan bahwa untuk menjadikan tempat magang sebagai sarana pembelajaran mengenal dapurnya PLN secara langsung.

“Jadikanlah tempat magang sebagai tempat belajar dan mengenal wadahnya PLN secara langsung”. Ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Manajer PLTD Ampenan Eko Wardoyo lanjut membimbing dengan mengenalkan kepada siswa bagaimana sistem pemeliharaan mesin diesel pembangkit, tak hanya itu Eko Wardoyo juga melibatkan langsung siswa untuk mengoperasikan mesin pembangkit listrik.

Manajer Pembelajaran PLN PJB Academy Priyono menjelaskan berbagai Program PJB Class yang dimana Program PJB Class adalah bentuk atau wujud sinergi pembelajaran dalam PLN group dengan stakeholder khususnya bidang pembangkitan menjaring ahli-ahli dalam bidang operasi pembangkit, dan untuk Kedepannya tidak hanya sistem PLTD tapi juga sistem PLTU.

Selain memiliki skill PLN Nusantara Power BP Suwoto mengharapkan siswa-siswa SMKN 3 juga ditunjang dengan sertifikasi kompetensi sebagai bukti bahwa selesai magang juga dibuktikan dengan sertifikat kompetensi dr Dirjen Kelistrikan.

“Program akan dikembangkan lebih lanjut setelah ada kepastian struktur organisasi yang mapan dari PLN Nusantara Power, karena Program PKL telah merangkul stakeholder untuk pembelajaran bukan hanya hard skill atau keahlian kerja tapi juga softskill berupa etika dan etos kerja,” Jelasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMKN 3 Sulman Haris, S. Ag.,M.Pd.I mengungkapkan rasa terimakasih kepada PJB class dari PLN dan PLN Nusantara Power termasuk PLN UPK Lombok. mudah-mudahan kerjasama ini berjalan dengan lancar dan kedepannya juga bisa menjadikan ini sebagai sebuah solusi bagi alumni SMK 3 yang kompeten.

Hal tersebut dikatakan saat berhasil dihubungi wartawan media ini melalui pesan singkat. Senin, 24/07/23.

Lanjut Sulman bahwa hari ini juga pihak sekolah sudah berkunjung langsung dan berhasil membuat dokumentasi, dan untuk kedepannya pihak sekolah juga akan terus melakukan MOU kerjasama dengan pihak-pihak PLN dan selanjutnya dengan beberapa pihak yang melibatkan siswa magang, dan rencananya nanti peserta didik sebelum selesai akan dilakukan UJIKOM.

Laporan: Aini

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button