PAKPAK BHARATSUMUT

Tapal Gapura Batas Desa PB Boang Telah di Cat Sesuai Warna Ciri Khas Pakpak Simsim

Gapura tapal desa Pb.boang yang sempat berubah warna dari aslinya (Foto: ist)

PAKPAK, BIDIKNASIONAL.com – Rabu 26/07/2023, Gapura tapal desa Pb.boang yang sempat berubah warna dari aslinya yang diamanahkan oleh Leluhur Nenek Moyang Pakpak, akan tetapi kali ini telah di cat kembali sesuai dengan warna aslinya.

Warna Cat Gerga (ornamen) dari sebenarnya adalah hitam, merah dan Putih. Akan tetapi sempat dirubah menjadi Warna Kuning dan Hitam.

Karena kejadian tersebut, sempat menjadi perbincangan di tengah – tengah Masyarakat, dan para Tokoh Pakpak pada umumnya di seluruh wilayah, hal ini di sebabkan kesalahan teknis kerja saja.

Dalam hal sempat berubahnya warna Gerga (ornamen) Pakpak di maksud, Kepala Desa Penanggalen Mbinangaboang, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat Ino Bancin menyampaikan permintaan maaf atas Perubahan cat Gerga (Ornamen) Pakpak tersebut semua itu bukan unsur kesengajaan dan atau ada maksud tertentu untuk merubah warnanya, akan tetapi di karenakan kesalahan teknis.

” Untuk itu, Saya meminta maaf kepada Semua Masyarakat dan Tokoh Budaya Pakpak dan semoga dikemudian hari, ini menjadi sebuah pelajaran bagi kita semua, agar tidak terulang kembali, dan kita Suku Pakpak harus melestarikan secara terus menerus Leluhur Nenek Moyang kita,” ucapnya.

“Harapan kita kedepan, agar setiap ukiran bentuk kedaerahan, itu mempunyai filosofi dan mengandung makna sejarah. Untuk itu, kepada Para Tokoh Adat dan Budaya Pakpak, supaya dapat mengajarkan arti sebuah ukiran Simbol kepada Generasi muda Pakpak pada umumnya, agar kedepannya, mereka juga mengerti dan semakin mencintai leluhur Nenek Moyang Pakpak itu sendiri,” pungkasnya.

Laporan: T.Tumangger

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button