LAMPUNGPESISIR BARAT

PERINGATI HUT RI KE-78, DPRD PESISIR BARAT GELAR PARIPURNA AGENDA MENDENGARKAN PIDATO PRESIDEN

Bupati Pesisir Barat, Agus Istqlal dan Wakilnya, Zulqoini Syarif menghadiri rapat Paripurna DPRD dengan agenda mendengarkan pidato Presiden dalam rangka peringatan HUT RI Ke-78, Rabu (16-8-2023) Foto: Taufik BN.com

PESISIR BARAT, BIDIKNASIONAL.com
Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat menghadiri rapat paripurna yang digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dengan agenda mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI dengan mengusung tema ‘Terus melaju untuk Indonesia maju,” Rabu ,16 -8-2023.

Rapat paripurna tersebut berlangsung di ruang sidang Paripurna lantai III Gedung DPRD Pesisir Barat yang dibuka Langsung oleh ketua DPRD Agus Cik dan dihadiri Bupati Pesisir Barat DR.Drs. H.Agus Istiqlal, SH.MH. Wakil Bupati, Zulqoini Syarif , unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Barat- Pesisir Barat, Para Kepala OPD dilingkungan pemerintah daerah Pesisir Barat, 16 sai Batin Marga yang ada di Bumi Negerinya para sai Batin dan Ulama.

Perlu diketahui, rapat paripurna dalam rangka mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI tersebut diikuti secara virtual oleh seluruh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang disiarkan langsung dari Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Selaku pimpinan rapat, Ketua DPRD Pesisir Barat Agus Cik, melalui pidatonya mengatakan dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945 dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jika kita mengenang perjuangan para Pahlawan Tahun 1945 maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam begitu hebat dan menyatu dalam jiwa Pahlawan Pejuang 45, namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini, marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh,” kata Agus Cik.

Selanjutnya Agus Cik menyatakan jika kemakmuran berdasarkan keadilan dan ketuhanan Yang Maha Esa belum dicapai, untuk itu masih banyak yang harus diperjuangkan.

“Kemerdekaan sebagai warisan para Pahlawan kita hendaknya kita isi dengan jiwa Pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi ataupun golongan, mari kita tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan,” ucapnya.

Kemudian Edi Novial mengajak untuk mengingat kembali, bahwa Kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, bukanlah merupakan hadiah atau pemberian dari pihak penjajah kepada Bangsa Indonesia. Melainkan hasil perjuangan Bangsa Indonesia dengan penuh pengorbanan jiwa, raga dan keluarga.

Sesuai dengan Tema Tahun ini “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, maka dirinya mengajak bersama-sama meneruskan perjuangan dan pembangunan berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Sementara itu, Bupati Pesisir Barat Dr. Drs.H.Agus Istiqlal,SH.MH mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa memaknai tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 RI yaitu ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

“Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia maju,” ucap Agus Istqlal.

Kemudian, lanjut Agus Istqlal, kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu di antaranya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati.

“Dengan kemerdekaan yang kita dapatkan, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan dan menjaga negeri ini dengan jiwa nasionalisme yang tinggi,” ujarnya.

Makna dari menghargai dan menghormati, kata Agus Istqlal, dapat diartikan sebagai dengan tidak membeda-bedakan agama, ras, dan suku dalam bermasyarakat dan kehidupan sosial.

Sebelum Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya, Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 terlebih dahulu dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan kemudian dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

Laporan: TAUFIK

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button