BANYUWANGIJATIM

Jelang KTT AIS, Kepala KSOP Kelas III Tanjungwangi Siap Amankan Wilayah Perairan Tanjungwangi Ketapang di Selat Bali

Kepala KSOP Kelas III Tanjungwangi Syamsurizal, S.Kom, M.Sc bersama bidiknasional.com (Foto: tim)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Jelang KTT AIS di Bali, kantor (KSOP) Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan kelas III Tanjungwangi melaksanakan kegiatan pengamanan dan patroli rutin di wilayah perairan Tanjungangi Ketapang, Kabupaten Banyuwangi di Selat Bali.

Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Islang State (KTT AIS) akan digelar pada tanggal 10-11 Oktober 2023 di Bali.

Kepala KSOP kelas III Tanjungwangi Syamsurizal, S.Kom, M.Sc saat ditemui bidiknasional.com menerangkan,” Jelang KTT AIS di Bali, KTT negara-negara Kepulauan dan banyak Kepala negara yang hadir di Bali, untuk kegiatan kita kemarin sudah komunikasi dengan PT. Telkom, PT. Pertamina, PT. PLN koordinasi terkait kabel laut jalur Jawa-Bali, dan kabel laut sepanjang mulai pelabuhan Ketapang Banyuwangi sampai pelabuhan Gilimanuk Bali,” ungkapnya, Kamis (5/10/2023).

Dijelaskan,” tanggal 10-11 Oktober 2023 diharapkan kapal-kapal melewati dekat kabel laut ditertibkan lagi, dan selama ini sudah tertib lalu-lintas kapal-kapal, dan kita juga koordinasi dengan instansi berwenang yaitu POLRI – TNI, Lanal Banyuwangi, Satpolairud Polresta Banyuwangi, BASARNAS, BPBD dan staikholder terkait patroli gabungan utamanya di daerah kabel laut dan pengamanan kabel laut,” terangnya.

Kepala KSOP kelas III Tanjungwangi Syamsurizal menambahkan, Presiden RI Joko Widodo mewanti-wanti jangan sampai terganggu aliran listrik ke Bali. Jadwal akan disusun kegiatan patroli rutin mulai 3 hari sebelumnya dan 3 hari sesudahnya, terutama pelaksaanan KTT AIS tanggal 10-11 Oktober 2023 di Bali.

Lebih lanjut Syamsurizal menegaskan, Patroli rutin utamanya di daerah kabel laut dan keamanan pelayaran di perairan pelabuhan Ketapang Banyuwangi sampai perairan pelabuhan Gilimanuk Bali.

” Dari situasi kondisi cuaca yang tak menentu, panas suhunya, dihimbau untuk perusahaan kapal, operator kapal tetap menjaga keamanan dan keselamatan, diharapkan kapal-kapal siap mitigasi resiko, untuk peralatan keamanan kselamatan pelayaran selalu siap siaga dan KSOP juga koordinasi dengan BMKG terkait prakiraan cuaca terkini, bilamana kondisi cuaca buruk di laut lebih baik kapal-kapal tidak diberangkatkan, mengutamakan keselamatan ‘ lebih baik tidak berangkat daripada tidak sampai tujuan, dan semoga pelaksaanan KTT AIS di Bali berjalan aman, dan kondusif,” pungkasnya.

Laporan: @dji

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button