JATIMJOMBANG

Pj Bupati Jombang Sugiat Bersama Jajaran Forkopimda Menanam Pohon di Kampung Adat Segunung Desa Carang Wulung

Bersama jajaran Forkominda, Pj Bupati Jombang Sugiat menanam pohon di Kampung Adat Segunung, Desa Carang wulung, Kecamatan Wonosalam (13/ 11/2023)/ dok: ist

JOMBANG, BIDIKNASIONAL.com – Manfaat menanam pohon untuk lingkungan, alam dan manusia, oleh karena itu, sering kali tidak kita sadari bahwa acap kali menanam pohon selamat ini hanya sebatas seremoni atau sebuah aktivitas sepele tanpa arti. Faktanya banyak manfaat menanam pohon, dan bukan hanya untuk di rasakan oleh manusia, melainkan semua mahluk yang hidup di sekitarnya.

Untuk itu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang peduli pada terutama pada Lingkungan dan Satwa. Seperti beberapa hari lalu, Pemkab Jombang Tanam 1.500 Pohon di Kampung Adat Segunung.

Sementara itu, Pj Bupati Jombang Sugiat bersama jajaran Forkopimda menanam pohon di Kampung Adat Segunung, Desa Carang wulung, Kecamatan Wonosalam, Diperingatinya Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) dengan aksi menanam pohon, (Senin ,13/11/ 2023).

Memperingati HCPSN itu juga bersamaan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang juga berbarengan dengan Ruwatan Sumber Tujuh Mata Air
Peduli Lingkungan dan Satwa, Pemkab Jombang Tanam 1.500 Pohon di Kampung Adat Segunung.

Aksi tersebut dipusatkan di Balai Ageng Giri Kedaton Kampung Adat Segunung, Carang wulung, Wonosalam Kabupaten Jombang.

Pada kegiatan tersebut sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap kelestarian bumi beserta isinya. Selain menanam pohon, juga ada kegiatan pelepasan burung ke alam liar.

Sementara itu Pj Bupati Jombang, Sugiat mengatakan, kegiatan itu sebagai wujud komitmen pemerintah daerah terhadap cinta lingkungan, khususnya di Wonosalam dan Bareng.

Sebab pada dua wilayah ini merupakan penyangga sumber mata air. “Kalau kita tidak menjaga, ya tidak tahu Jombang ke depan seperti apa,” ungkapnya.

Dikarenakan hari ini adalah momentum yang bagus untuk dimanfaatkan dengan melibatkan stakeholder terkait. Termasuk pegiat lingkungan. “Kita menanam pohon sebanyak 1.500 bibit. Ada pohon alpukat, dan durian juga ada,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang Miftahul Ulum menyampaikan, kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang telah menjadi budaya bagi masyarakat Desa Segunung untuk menjaga hutan dan sumber mata air.

Lebih lanjut dikatakan oleh nya “Jumlah yang ditanam secara simbolis tadi ada 15 pohon. Sisanya akan ditanam sebanyak 1.500 pohon di tujuh sumber mata air yang ada di Kampung Adat Segunung,” ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa manfaat menanam pohon , yaitu dapat menjaga kesuburan tanah. Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah berhumus dan subur di bagian atas menjadi tergerus, sehingga mengakibatkan menurunnya kesuburan tanah. Akan tetapi, bila permukaan tanah banyak ditanami, maka sewaktu hujan turun, butir- butir airnya tidak akan langsung mengenai permukaan tanah. Melainkan akan di tahan oleh daun, ranting serta batang pohon.

Dengan demikian, akan mengurangi gaya gerus air terhadap tanah. Bisa di bilang, dengan menanam pohon akan menghambat kerusakan lapisan tanah, memperkaya bahan organik di tanah, serta menghambat erosi.

Laporan: Tok

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button