LAMPUNGPESISIR BARAT

PEKAN FESTIVAL 2024 “FOOD FESTIVAL ROAD TO MELASTI BERSAMA UMKM MENUJU PESIBAR MANDIRI” RESMI DIBUKA

Bupati Agus Istqlal didampingi Wakil Bupati, A.Zilqoini Syarif, Pj. Sekda, Jhon Edward, KadisKopUMKMDag, Siswandi memukul gong bertanda dibukanya pekan Festival 2024 di pantai Melasti, Rabu 12-6- 2024 (Foto.doc.Diskominfotiksan Pesibar)

PESISIR BARAT, BIDIKNASIONAL.com
Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., membuka kegiatan Pekan Festival 2024 dengan tema Food Festival Road to Melasti Bersama UMKM Menuju Pesibar Mandiri, di Pantai Melasti Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu 12- 6-2024.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati, A. Zulqoini Syarif, S.H., Pj. Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Pembina Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pesibar, Septi Heri Agusnaeni, S.E., M.H., Ketua I Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Yulnawati Zulqoini, Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Pesibar, L. Liastuti Jon Edwar, S.Pd., M.M., Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (DiskopUKMdag), Siswandi, S.Kom., M.H., forkopimda Pesibar, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pesibar, dan ribuan masyarakat pengunjung yang turut hadir menyaksikan kegiatan tersebut.

Disela-sela kegiatan tersebut sekaligus dilangsungkan pengukuhan organisasi Komunitas UMKM Krui Generasi Emas Indonesia (KURASI) oleh Penasehat UMKM Pesibar, Septi Heri Agusnaeni.

Dalam laporannya, Kepala DiskopUKMdag, Siswandi, menyampaikan bahwa pelaksanaan Pekan Fest merupakan komitmen Pemkab Pesibar dalam rangka menarik minat masyarakat untuk bergerak menciptakan berbagai lapangan pekerjaan melalui berbagai produk, serta memancing masyarakat umum lainnya untuk hadir dan berbelanja produk-produk UMKM.

Lebih jauh dalam laporannya, Siswandi menerangkan bahwa Pekan Fest tersebut diikuti oleh 140 pelaku UMKM dan dihadiri ribuan orang dari kalangan pelajar, guru, pemerintahan pekon, kecamatan se – Kabupaten Pesibar, OPD, Swasta dan masyarakat umum.

“Kegiatan yang diawali dengan Senam Pesona Pesibar ini menyediakan berbagai door prize, serta terhadap pelaku UMKM juga dilakukan penilaian mulai dari kategori inovasi terbaik, stan terbaik, kemasan terbaik, dan transaksi Q-RIS terbanyak,” tandas Siswandi.

Sementara Penasehat UMKM Pesibar, Septi Heri Agusnaeni alias Septi Istiqlal mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya Pemkab Pesibar dalam membangkitkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi para Pelaku UMKM di Pesibar.

“Pekan Fest 2024 ini bentuk upaya Pemkab Pesibar untuk menghidupkan sektor ekonomi masyarakat dengan memfasilitasi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya,” kata Septi Heri Agusnaeni.

“Sebagai pembina UMKM Pesibar, kami menyambut gembira dan mengapresiasi upaya DiskopUKMdag yang telah menginisiasi dan memfasilitasi para pelaku UMKM, dengan harapan memberikan dampak ekonomi yang lebih luas lagi dalam peningkatan dan pengembangan kapasitas UMKM kedepannya,” lanjut Septi Heri Agusnaini yang juga salah seorang Bacakada Pesisir Barat dalam Pemilukada serentak nanti.

Pembina UMKM Pesibar, Septi Heri Agusnaeni juga mengapresiasi berbagai pihak yang ikut berpartisipasi dan memberikan dukungan nyata dalam pelaksanaan Pekan Fest sejak awal hingga kini.

“Kami berharap keberadaan organisasi KURASI dapat membuat para pelaku UMKM dengan mudah menjalin komunikasi untuk saling memberikan dukungan untuk kemajuan usaha bersama,” ungkapnya.

Sementara Bupati Agus Istiqlal dalam sambutannya, mengatakan Pemkab Pesibar memiliki peran yang sangat krusial dalam memanfaatkan serta mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Upaya itu dilaksanakan dengan cara menggali dan mengembangkan potensi secara optimal, merangsang pertumbuhan, dan pengembangan ekonomi daerah bagi perekonomian masyarakat. Selain itu, upaya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dilakukan dengan dukungan program yang melibatkan pemerintah maupun masyarakat dalam mengembangkan UMKM, sehingga akan tercipta lapangan pekerjaan, meningkatnya pendapatan masyarakat, dan berkembangnya UMKM.

“Pertumbuhan pelaku UMKM di Pesibar menunjukan peningkatan setiap tahunnya. Sehingga diharapkan akan berdampak kepada peningkatan kegiatan ekonomi didalamnya,” ujar Bupati Agus Istiqlal.

Tema kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Pesibar yang telah dijalankan beberapa tahun terakhir untuk memfasilitasi para pelaku usaha di Pesibar agar dapat mengakses pasar dengan mudah. “Diharapkan para pelaku UMKM juga dapat menampilkan produknya untuk dikenalkan kepada masyarakat sekaligus untuk mengetahui respon pasar terhadap produk yang ada sebagai bahan perbaikan,” pinta Bupati Agus Istiqlal.

Bupati Agus Istiqlal menandaskan Pemkab Pesibar mengapresiasi seluruh pihak yang ikut terlibat hingga terlaksananya Pekan Fest tersebut. “Tentunya dengan kerjasama dan dukungan penuh, apa yang menjadi target bersama terkait UMKM Pesibar dapat terwujud dan kesejahteraan masyarakat meningkat pesat,” tukasnya.

Laporan: TAUFIK

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button