BANGKALANJATIM

Polres Bangkalan Gandeng Forkopimda Tanam Ribuan Bibit Pohon Mangrove

● Sambut HUT Bhayangkara ke-78

BANGKALAN, BIDIKNASIONAL.com -Semarak menyambut HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024, yang jatuh pada hari Selasa tanggal 1 Juli akan datang, Polres Bangkalan gandeng Forkopimda tanam ribuan bibit pohon Mangrove di pesisir Dusun Gili Pari, Desa Ujung Piring, Kecamatan/Kabupaten Bangkalan, Madura.

Kegiatan yang dilaksanakan, pada hari Kamis Pagi (27/07/2014), dihadiri langsung Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya dan diikuti Para Pejabat Utama (PJU) Polres Bangkalan, Kapolsek Jajaran, Perangkat Desa, LSM, Kelompok Masyarakat (Pokmas), Tokoh Agama (Toga), Tokoh Masyarakat (Tomas), serta masyarakat sekitar.

Dalam pemaparannya Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya, mengatakan, penanaman ribuan bibit pohon Mangrove ini, merupakan agenda kegiatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 tahun 2024.

“Kami sebagai Polri, khususnya Polres Bangkalan dalam penyambutan HUT Bhayangkara ke-78 tahun ini, berkomitmen untuk melakukan penanaman 1000 bibit pohon Manggrove bersama Forkopimda dan komponen masyarakat,” kata Kapolres disela-sela kegiatan itu.

Pihaknya juga menjelaskan, manfaat dari penanaman bibit pohon Mangrove nantinya bisa menjaga ekosistem pesisir dan mengurangi dampak perubahan iklim ataupun abrasi dan erosi pantai akibat gelombang laut.

“Perlu diketahui bersama bahwa mangrove selain mencegah abrasi, penahan ombak dan mencegah bencana Tsunami, juga berfungsi sebagai filter polusi udara, polusi air bahkan memberikan ekosistem baru, seperti menjaga telur-telur ikan, telur-telur kepiting. Ini sangat menunjang dengan matapencaharian warga sekitar seperti nelayan ikan atau pencari kepiting,” jelas Kapolres.

Menurut Kapolres, melalui program penanaman bibit pohon Manggrove diharapkan masyarakat memahami pentingnya fungsi ekosistem Mangrove sehingga timbul kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kawasan Mangrove ini demi kelestarian sumber daya dan keberlanjutan usaha terutama bagi masyarakat pesisir.

“Apabila Mangrove berkembang, pantainya akan asri dan dapat berkembang menjadi destinasi wisata baru. Munculnya destinasi wisata baru dikawasan pesisir akan menjadi sumber perekonomian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” terang Kapolres.

“Mari kita jaga, lestarikan, dan berpartisipasi aktif dengan tidak melakukan ekploitasi berlebihan sehingga merusak kawasan Mangrove. Kita lindungi Mangrove baik kualitas dan kuantitasnya demi menjaga ekosistem pantai dan lautan. Lestarikan Mangrove hingga bisa dinikmati anak cucu kita nanti,” ajak orang nomor satu di lingkup Mapolres Bangkalan itu.

“Jadi saya berterimakasih kepada Forkopimda dan seluruh komponen masyarakat, yang hadir dan ikut serta dalam mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini,” tutupnya.

Pewarta: Abd. Rosi

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button