MANADOSULUT

BP3MI Sulut Laksanakan Pelatihan PMI Purna Dan Keluarga

Ketua Tim Pemberdayaan BP3MI Sulut Max Milian, SH. (Foto: Hilda Pusung BN Manado)

MANADO, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka mendukung kemandirian ekonomi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna, Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan program pelatihan kewirausahaan purna di kantor BP3MI Sulut.Selasa (24/9/2024).

Kepala Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulut melalui Ketua Tim Pemberdayaan BP3MI Sulut Max Milian SH, mengatakan, kewirausahaan Pekerja Migran Indonesia PMI Purna Dan Keluarga merupakan program prioritas Nasional di laksanakan BP3MI dengan melibatkan PMI Purna yang sudah kembali dari luar negeri maupun keluarga dari PMI sementara bekerja di luar negeri.

Tujuannya bagaimana mengedukasi para peserta untuk menggunakan hasil mereka bekerja di luar negeri ke arah wirausahaan yaitu membentuk Wira usaha baru dari peserta yang memang pada posisi hari ini penggunaan uang kiriman maupun hasil untuk bekerja di luar negeri.

“Besar harapan kami bisa menghasilkan uang kembali dalam negeri. Ke depan BP3MI mengadakan pelatihan ini tidak hanya sebatas sampai di pelatihan sampai di pelatihan tapi, bagaimana mereka bisa berwirausaha dengan hasil yang mereka dapatkan dari luar negeri untuk menunjang kehidupan mereka dalam negeri ke depan,” ungkapnya.

Ditambahkan, “pasti ada pendampingan untuk pengembangan usaha dari sisi pemasaran, pengemasan, pengembangan mental dan kemampuan berwirausaha, itu akan dilakukan BP3MI bersama PMI dan melibatkan instansi terkait seperti Dinas Tenaga Kerja,Dinas Koperasi UMKM dan Dinas Kesehatan,dan kegiatan ini di laksanakan setiap tahun di adakan Kabupaten dan Kota se Sulawesi Utara,” Tutup Max.

Laporan: Hilda Pusung

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button