BANYUWANGIJATIM

Sosialisasi Peningkatan Keselamatan pada Perlintasan Sebidang Kereta Api (KA) Dishub Banyuwangi Dihadiri Sekda

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Keselamatan pada Perlintasan sebidang Kereta Api (KA) di kantor Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Selasa 6 Agustus 2024.

Plt. Kadishub Banyuwangi I Komang Sudira Atmaja menyampaikan, kegiatan peningkatan keselamatan pada perlintasan sebidang Kereta Api diikuti oleh para penjaga palang pintu Kereta Api.

Dikatakan, proses pembangunan berasal dari anggaran APBD. Terdapat 15 palang pintu KA yang dibangun, masing-masing penjaga palang pintu 4 orang, total 60 orang.

“Namun demikian yang ikut pelatihan 44 orang, untuk yang lainnya 16 orang jaga di palang pintu KA,” ungkapnya.

Dijelaskan, hadir sebagai narasumber dari Dishub Provinsi Jatim, Rendra Kasi Perkeretaapian, DAOPS IX Jember Irawan bagian Keselamatan Perkeretaapian, Polresta Banyuwangi Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polresta Banyuwangi.

“Kegiatan sosialisasi ini kita harapkan, para petugas di palang pintu KA mempunyai ketrampilan, kecakapan, kemampuan dalam mengendalikan, mengelola penjagaan, ketrampilan, pengetahuan ditingkatkan, sikap perilaku ditingkatkan, sehingga zero insiden yang ada diperlintasan palang pintu KA tidak ada lagi kejadian kecelakaan,” tutur Plt. Kadishub Banyuwangi I Komang Sudira Atmaja.

Lebih lanjut Kadishub menuturkan, kegiatan sosialisasi peningkatan keselamatan perlintasan sebidang Kereta Api dibuka oleh Sekda Banyuwangi Ir. Mujiono mewakili Bupati Banyuwangi yang pada kesempatan tersebut sedang berkegiatan bunga Desa di wilayah Kabat.

“Sekda Banyuwangi memberikan arahan bagi petugas palang pintu, bahwa petugas palang pintu adalah pahlawan-pahlawan yang menjaga keselamatan di perlintasan KA, patut dihargai, ditingkatkan dalam kinerjanya, iklas, sabar, kualitas kemampuan ditingkatkan. Diharapkan betul-betul kemampuan ditingkatkan, bekerja dengan maksimal karena sebagai salah satu pelayanannya melibatkan keamanan lalu-lintas di Kereta Api, dan menjamin keselamatan Pengguna jalan dan para penumpang Kereta Api pada saat liburan berwisata di Kabupaten Banyuwangi,” ucapnya.

Di samping itu sambungnya, Sekda Banyuwangi sebelum memberikan arahan bagi petugas palang pintu, memberikan Sertifikat kepada para petugas yang telah mengikuti pelatihan penjaga palang pintu di Poli tehnik perkeretaapian Madiun, dan memberikan pakaian, rompi, sepatu, kelengkapan kerja dengan pakaian seragam walapun bukan pegawai, termasuk Relawan dan diberikan honorarium, selain itu disediakan listrik, senter, Wifi, CCTV di tempat Pos Jaga palang pintu di perlintasan Kereta Api,” pungkasnya.

Laporan: Dj

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button