SUMUT

Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Hadiri Lomba Masak Serba ikan Ke 2 Kabupaten Labuhanbatu

LABUHANBATU, SUMUT, BN – Budayakan gemar makan ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten yang ke-2 tahun 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Kesenian Rantauparapat, Rabu (19/9/2018).

Lomba masak menu serba ikan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan, dengan cara mengembangkan jenis olahan makanan yang berbahan baku ikan, dan pada perlombaan yang ke-2 tingkat Kabupaten Labuhanbatu ini dengan tema olahan menu serba ikan bandeng.

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dalam sambutannya mengatakan, tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah, hanya 31,4 kg perkapita/tahun pada tahun 2016, berada pada peringkat ke-5 Asean, target Pemerintah Indonesia pada tahun 2019 menargetkan 54,5 kg perkapita/tahun.

“Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu perhari membutuhkan sekitar 30 ton ikan yang di impor dari wilayah luar, maka dari itu saya meminta kepada seluruh Dinas terkait agar mengambil langkah, tahun depan silahkan masukkan anggaran untuk pembudidayakan benih ikan sehingga kita tidak perlu lagi impor ikan dari wilayah luar Labuhanbatu,” sebut Andi.

Andi Suhaimi juga menjelaskan, pemberian benih ikan tersebut nantinya akan dilakukan di desa-desa seluruh Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu, dan untuk hasilnya akan langsung ditampung Pemkab untuk dipasarkan di supermarket serta pasar-pasar yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu Ir. Jumingan menyampaikan, lomba masak serba ikan ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional, lomba ini merupakan lomba masakan serba ikan yang diadakan di tingkat Kabupaten Labuhanbatu.

“Lomba ini bertujuan untuk mendorong peningkatan konsumsi makan ikan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, mendorong berkembangnya budaya memasak dan makan ikan di keluarga, serta memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat,” ungkap Jumingan.

Adapun peserta lomba masak serba ikan adalah berasal dari 9 Kecamatan, masing-masing kecamatan berjumlah 2 peserta, dan peserta kehormatan yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. H. Rosmaidar Andi Suhaimi Dalimunthe, pemenang lomba tersebut nantinya akan diikutsertakan di perlombaan tingkat Provinsi pada bulan Oktober 2018 mendatang. (M. SUKMA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button