Kelompok Tani Sido Makmur Desa Setren Slogohimo Dapat Bantuan KBR

0

 

Ketua Kelompok Tani Sido Makmur Hartono menunjukan bibit pesemaian Gemilinia didusun Ngrapah Setren, (ft : h74).

WONOGIRI, JATENG, BN – Kelompok Tani Sido Makmur Desa Setren Kecamatan Slogohimo mendapat dana bantuan bibit Gemilinia  sebesar Rp 50 juta.

Dana tersebut merupakan program dari Departemen Kehutanan Jateng melalui BPH 9 Jawa Tengah.

Dana diberikan ke Kelompok Tani melalui rekening Kelompok untuk  pembuatan bibit Gemilinia.

Ketua Kelompok Tani Hartono ketika dikonfirmasi perihal tersebut menuturkan, anggaran KBR ke Kelompok Tani merupakan anggaran tahun 2018 untuk pembuatan bibit Gemilina sejumlah 30.000 bibit dan tahapan sekarang proses pembibitan dan pemulihan telah selesai tinggal pembagian ke anggota Kelompok pada akhir bulan Desember depan.

Hartono jelaskan, proses pembuatan bibit lokasi di Dusun Ngrapah Setren dan untuk penanaman sudah diproyeksikan lokasinya dimasing – masing.

“Kelompok Tani yang lahannya masih kosong bibit diberikan secara gratis dan hasinya dinikmati petani sebagai pemilik lahan,” tuturnya

Sedangkan Ketua Penyuluh Lapangan (KPL) Wicaksono menjelaskan, tujuan dari program KBR untuk melatih petani agar dapat membuat bibit sendiri secara swadaya dan edukasi, menciptakan usaha yang berkaitan dengan pembibitan pohon.

“Kabupaten Wonogiri yang masuk wilayah BPH 9 Jawa Tengah 2018 Desa Setren yang mendapat program KBR, untuk pembuatan bibit sendiri prosesnya dijemur kemudian direndam,” jelas Wicaksono ketika ditemui BN dikantornya Bantarangin didampingi Koordinator Kabupaten Wonogiri Agus Purwadi. (h74)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *