JATIM

Lembaga Penyelenggara Pendidikan di Sidoarjo Unjuk Prestasi di Siedex 2018

SIDOARJO, JATIM, BN – 100 Stan lembaga penyelenggara pendidikan di Kabupaten Sidoarjo ramaikan Siedex (Sidoarjo Education Expo) tahun 2018 ini. Kegiatan pameran pendidikan kali ini di gelar di pelataran parkir Transmart Sidoarjo.

Mulai dari PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK negeri swasta sampai perguruan tinggi unjuk prestasi dalam Siedex tahun ini. Selain itu juga diikuti organisasi pendidikan seperti dari Himpaudi, IGTKI, MKKS, Lembaga Pendidikan Maarif, Muhammadiyah serta dari TP-PKK, Pramuka dan Pokja Inklusi.

Kemarin sore, kegiatan tahunan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo itu dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH,M.Hum, Kamis, (29/11).

Ia katakan pendidikan tidak cukup hanya dilakukan di dalam kelas. Pendidikan memerlukan ruang ekspresi yang luas.

Ia sampaikan pendidikan saat ini tidak hanya bersifat teoritis. Pendidikan memerlukan aksi nyata yang berdampak langsung pada siswa didik dan masyarakat.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap Siedex mampu memacu peserta didik, pendidik maupun tenaga pendidik untuk menuangkan karya inovasi dan kreasinya. Oleh karenanya pemerintah daerah mendukung penuh terselenggaranya kegiatan seperti ini. Momentum seperti ini diharapkannya juga mampu melahirkan generasi muda Sidoarjo yang berkarakter dan cerdas.

Ia juga sampaikan bahwa saat ini telah masuk era teknologi, komunikasi dan informasi. Era tersebut membawa permasalahan besar terkait perkembangan anak-anak. Anak-anak cenderung terkontaminasi budaya asing. Hal tersebut dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh budaya asing begitu mudah masuk dan diserap anak-anak. Baik itu pengaruh budaya asing yang positif maupun negatif. Oleh karenanya sejak dini anak-anak perlu memiliki ketahanan budaya.

Semua pihak diharapkan dapat menanamkan itu kepada generasi muda. Dengan begitu akan melindungi mereka dari pengaruh negatif budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Drs. Ec. Asrofi MM mengatakan Siedex digelar sebagai sarana unjuk kinerja dan prestasi siswa, guru dan lembaga pendidikan. Selain itu juga sebagai ajang apresiasi siswa dalam pengembangan bakat, minat, talenta, Iptek dan skil masing-masing siswa. Siedex digelar selama 4 hari. Mulai tanggal 29 November sampai 2 Desember 2018. Siedex tahun ini mengambil tema “Pendidikan Abad 21. (yah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button