JATIM

Tandai 25 Tahun Sister City, Wali Kota Busan Bersama Delegasi Kunjungi Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima kunjungan dari Wali Kota Busan Korea Selatan, Oh Keo-don

SURABAYA, JATIM, BN – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya menerima kunjungan dari Wali Kota Busan Korea Selatan, Oh Keo-don bersama para delegasi di rumah dinas Jalan Sedap Malam, Selasa, (26/03/19). Kunjungan ini, dalam rangka perayaan 25 tahun kerjasama sister city antara Kota Surabaya dengan Busan. Pertemuan ini dinilai sangat istimewa, karena Oh Keo-don baru terpilih menjadi Wali Kota Busan pada akhir tahun lalu.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Busan bersama delegasi dijamu makan siang oleh Wali Kota Risma. Rombongan tamu istimewa ini, terlihat begitu menikmati berbagai hidangan khas nusantara yang telah disuguhkan. Tak lupa, sebelumnya mereka juga disambut dengan penampilan dadak merak dan tarian-tarian yang memanjakan mata.

Dalam sambutannya, Wali Kota Risma mengatakan, tahun ini merupakan tahun ke 25 hubungan persaudaraan antara Kota Surabaya dengan Busan. Hasil dari kerjasama yang dimulai sejak tahun 1994 hingga sekarang itu, manfaatnya bukan hanya dirasakan pemerintah. Namun, warga Surabaya termasuk anak-anak sudah mengetahui bagaimana Kota Busan.

“Karena setiap tahun kami selalu mengirim para pelajar dan anak-anak Surabaya dalam acara rutin yang diselenggarakan Pemerintah Busan, termasuk kesenian,” Wali Kota Risma di sela-sela sambutannya.

Tidak hanya itu, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga menyampaikan, tiap tahun Pemkot Surabaya juga rutin mengirim para guru ke Kota Busan, untuk mengenyam pendidikan di sana. “Terima kasih Bapak Wali Kota Busan, selama ini warga Kota Busan menjalin kerjasama dengan warga kami dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, hubungan sister city antara Surabaya dan Busan yang telah terjalin selama 25 tahun ini, bukan hanya sekedar kerjasama antar pemerintah. Melainkan kerjasama ini, dinilai sudah sangat melekat di hati warga Surabaya. “Mudah-mudahan tahun-tahun mendatang, kerjasama antara Surabaya dan Busan bisa berjalan terus dan semakin erat,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Busan Oh Keo-don mengungkapkan, Kota Busan memang menjalin kerjasama (sister city) dengan 40 kota lebih. Namun menurutnya, kerjasama antara Surabaya dengan Busan dinilai yang paling erat. Apalagi, sejak kepemimpinan Wali Kota Risma, hubungan persaudaraan dua kota itu semakin lekat. “Saya pertama kali datang ke sini (Surabaya), setelah tujuh tahun yang lalu dan ini penyambutan yang luar biasa,” kata dia.

Bahkan, Wali Kota Busan juga menyebut, jika di beberapa kota besar sekarang, banyak masyarakat yang berbicara tentang Kota Surabaya. Kendati demikian, ia menilai, sejak kepemimpinan Wali Kota Risma, Surabaya telah banyak mengalami perkembangan. “Saya rasa Surabaya sekarang lebih banyak perkembangannya, saya lihat sekarang banyak taman-taman,” tuturnya.

Melalui kunjungan itu, Wali Kota Busan berharap, hubungan kerjasama sister citykedua kota ini bisa terus meningkat, dan bisa memberikan manfaat untuk kedua kota. Dengan begitu, kedua kota ini bisa terus maju dan kerjasama ini semakin bermanfaat bagi warganya. “Saya berharap Surabaya bisa terus berkembang dan kerjasama ini bisa lebih erat dan kuat,” pungkasnya. (boody/hms)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button