Connect with us

PONDOK PESANTREN SDN PERAK BARAT KAWASAN

JATIM

PONDOK PESANTREN SDN PERAK BARAT KAWASAN

SDN Perak Barat Selangkah Lebih Maju

SURABAYA, JATIM, BN – Ramadhan tahun ini, SDN Perak Barat melakukan kegiatan pondok ramadhan selangkah lebih maju daripada tahun kemarin. Jika pada tahun-tahun sebelumnya sekolah hanya mengadakan kegiatan pondok ramadhan dengan tipe B, pagi sampai shalat tarawih dan tipe C dimulai pagi hingga siang. Namun kali ini, sekolah memberlakukan kelas 5 untuk mengikuti kegiatan pondok ramadhan dengan tipe A. Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 WIB hingga keesokan harinya sampai pukul 10.00 WIB.

Kegiatan pondok ramadhan yang dikemas menginap dua hari satu malam di sekolah tersebut disambut antusias oleh murid yang bersangkutan, terutama dengan dukungan wali murid yang luar biasa. Kegiatan pondok ramadhan kali ini mengusung tema ”Ramadhan membentuk karakter siswa lebih beraklakul karimah”. Dengan tema tersebut, pihak sekolah berharap dengan mengikuti kegiatan ramadhan mampu menjadikan akhlak peserta didik menjadi lebih baik dari sebelumnya, terutama kelas lima.

Jumlah 120 siswa yang terdiri dari kelas 5 a, b, c dan d mengikuti kegiatan di aula lantai 3 SDN Perak Barat. Mengawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Sekolah Solikhin, S. Pd sekaligus sambutan, menjadikan kegiatan tersebut sangat khitmad. Kemudian dilanjutkan oleh pembagian kelompok dengan cara permainan dan game oleh Sariyyul Hikmah, S.Ag. M.Pd dengan pendamping Hindun Mahsunah, S.Ag dan wali kelas 5. Hingga terbentuknya 10 kelompok yang terdiri 5 kelompok pa dan 5 kelompok pi.
Kelompok dengan nama para nabi untuk kelompok pa seperti Nabi Yunus, Isa, Nuh, Ibrahim dan Musa. Serta nama wanita muslim zaman nabi untuk kelompok pi seperti Siti Mashito, Siti Aminah, Siti Halimah, Siti Aisyah dan Siti Khotijah digunakan untuk nama-nama kelompok mereka. Setelah terbentuknya kelompok, setiap kolompok mendapatkan tugas membuat yel-yel islami yang akan ditunjukkan saat acara malam. Dilanjutkan dengan shalat dhuha berjamah yang diimami oleh pemateri dari luar sekolah.

Berlanjut acara berikutnya yaitu, materi yang disajikan begitu menarik oleh Ustadz Dauri, M. Pd. I dengan media pembelajaran gambar membuat semakin menarik kegiatan pada tanggal 10 mei 2019. Tepat pukul 10.30 WIB materi berakhir dan santriwan SDN Perak Barat pulang untuk melaksanakan shalat jumat di rumah masing-masing dan kembali pukul 16.00 WIB untuk membagikan ta’jil pada pengguna jalan di sekitar lokasi sekolah. Menjelang adzan magrib para santriwan bersama para guru dan karyawan sekolah melakukan bukber (buka bersama) dan dilanjutkan shalat magrib hingga shalat tarawih berjamaah.

Tak hanya itu, tadarus dan motivasi oleh kepala sekolah pun masuk dalam program malam acara pondok ramadhan. Menjadikan pembelajaran yang berkesan dan membentuk karakter santriwan tersebut selama dua hari ini.

“Kami ingin anak-anak terkesan dalam kegiatan pondok ramadhan. Apalagi dengan menginap bersama teman-teman seangkatan pasti mempunyai kenangan yang tidak bisa dilupakan. Dan itu yang ingin kami berikan pada mereka selain pembentukan akhlak dengan ilmu-ilmu agama lainnya.” Sela kepala sekolah di sela-sela rapat dinas bersama jajarannya.

Seperti tujuan terbentuknya kegiatan pondok ramadhan dengan tipe A tersebut, membimbing santriwan untuk membiasakan bangun di sepertiga malam dengan melaksanakan shalatul lail, yaitu shalat tahajut dan shalat hajat. Hingga acara sahur sampai shalat subuh berjamaah. Dan kembali menerima penugasan serta materi di hari kedua dengan pemantapan meteri sebelumnya, di hari pertama. Yang insya Allah akan membuat santriwan lebih mengerti dan lebih memahaminya lagi tentang materi amalan-amalan di bulan Ramadhan.

Ada hal yang lebih menarik dari kegiatan pondok kali ini. Sokongan dari wali murid yang memberikan dukungan moral dan material. Bersedia ikut serta dalam kepanitiaan tersebut. Bersatu bersama para guru untuk membantu menyiapkan ta’jil dan makanan untuk sahur bersama di sekolah. Semangat yang luar biasa telah ditularkan wali murid kelas 5 ini patut diacungi jempol.

Tak hanya wali murid yang antusias menyediakan beberapa amplop santunan untuk santriwan yang yatim serta menyediakan beberapa hadiah untuk santriwan terbaik lima pa dan lima pi. Sekaligus kelompok yang tergiat dan kompak yang diambil pa dan pi. Namun juga seorang guru, M. Santasa, S.Pd. SD yang memberikan reward saat sesi tadarus. Dengan membuat game menghafal surat pendek tercepat membuat sesi ini menjadi lebih hidup.

Bisa dibilang, kegiatan pondok ramadhan 1440 H yang diketuai M. Falich, CH, S.Pd.I dengan jajaran kepanitiaan terbilang sukses. Apalagi dengan kerjasama yang baik antara wali kelas 5, Qurata A’yun, Uma’iyah, Choirul Anam dan Ruslan L. Semoga ke depannya akan semakin menjadi lebih baik lagi.

Penulis : Sariyyul Hikmah
Dok : Gunadi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATIM

To Top
%d blogger menyukai ini: