Connect with us

KPU Labuhanbatu Serahkan Operator Silon Kepada Empat Bapaslon Independen

16 views

SUMUT

KPU Labuhanbatu Serahkan Operator Silon Kepada Empat Bapaslon Independen

Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi (kanan)

LABUHANBATU, SUMUT, BN-Mengingat waktu penyerahan terakhir berkas dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu pada pagelaran Pilkada 23 September 2020 mendatang, KPU Labuhanbatu Sumatera Utara menyerahkan Operator Silon kepada masing-masing calon.

Diketahui untuk jalur independen/perseorangan, lembaga penyelenggara Pemilu maupun Pilkada tersebut, menetapkan sesuai tahapan penyerahan jalur independen/ perseorangan yakni paling lama 23 Februari 2020.

Walau masih ada waktu, namun KPU Labuhanbatu hingga kini telah menerima surat tugas mandat operator sebagai syarat agar diberikan user name maupun pasword aplikasi Silon yang diserahkan oleh empat Bapaslon tersebut.

Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi, Selasa 14 Januari 2020 di Kantornya mengatakan, ke empat Bapaslon tersebut yakni, Akhyar P Simbolon berpasangan dengan Ahmad Saiful Sirait, Suhari Pane dengan Irwan Indra, Zulkarnain Siregar dengan S Nazli serta Partaonan Tambunan dengan Mulkan Nasution.

“Masing-masing bakal pasangan calon jalur independen atau perseorangan itu sudah kita berikan user name dan pasword aplikasi Silon untuk input data berkas dukungan sesuai jumlah minimal,” ujar Wahyudi.

Dijelaskannya, jika berkas dukungan setelah dilakukan verifikasi administrasi dan faktual ditemukan kekurangan, maka masih ada waktu Bapaslon memenuhinya dengan ketentuan jumlahnya menjadi dua kali lipat sesuai kekurangan semula.

Begitu juga halnya dengan nama pasangan, baik untuk Bapaslon Bupati maupun Wakil Bupati, masih dapat dilakukan perubahan hingga hari terakhir penyerahan berkas dukungan yakni pada 23 Februari 2020 mendatang.

“Calon masih ada waktu jika ingin mengubah pasangannya sampai penyerahan berkas terakhir, setelah itu tidak boleh lagi. Sedangkan operator Bapaslon yang kita ketahui rata-rata tiga orang,” jelasnya.

Disambung Wahyudi, bagi Bapaslon yang sudah menyerahkan berkas dukungan hingga 23 Februari 2020, tidak lagi boleh mendaftar dari jalur partai politik atau gabungan partai politik. (M.SUKMA)

More in SUMUT

To Top
%d blogger menyukai ini: