JATIM

Pemdes Kendung Ngawi dan Destana Perangi Covid-19‎

Penyemprotan disinfektan yang melibatakan relawan destana

NGAWI, JATIM, BN-Desa Kendung, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi memang patut mendapat apresiasi serta penghargaan dalam hal kegiatan kemanusiaan.

Seperti saat wabah corona melanda semua daerah di Indonesia, desa ini langsung tanggap untuk berkordinasi dengan semua lembaga yang
ada di desa itu untuk mengambil tindakan preventif agar virus covid 19 yang menakutkan itu jangan sampai menyerang masyarakat desa.

Kepala Desa (Kades) Kendung, Sumadi mengatakan telah melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan ke semua rumah warga dan lingkungannya yang melibatkan perangkat desa, BPD, serta semua RT maupun RW selain itu juga melibatkan Relawan Destana (Desa Tangguh Bencana).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk pencegahan Virus Covid 19 agar jangan menyebar ke masyarakat.

“Kami lakukan setiap Rabu dan Sabtu. Selain itu juga mendirikan posko –posko untuk piket 24 jam,” katanya.

Sumadi menambahkan setiap petugas ronda dilakukan secara bergiliran, petugas mencatat dan melakukan tindakan secara Prefentif apabila ada tamu maupun ada pendatang baru diharuskan untuk laporkan diri.

Selain itu kata Sumadi, pihaknya juga membuat baner peringatan serta bilik sterelisasi untuk di taruh di depan fasilitas umum termasuk, masjid dan pasar desa.

“Dua fasilitas umum ini kami lakukan pengawasan secara ketat. Selain itu kita juga sediakan westafel dan disinfektanya di beberapa tempat. Semua kegiatan itu dananya bersumber dari DD dan swadaya masarakat,” terang Kades Sumadi

Sementara Joko Susanto, Ketua Destana Desa Kendung mengatakan, “kita team sudah melakukan bakti sosial bersama-sama lembaga desa lainnya diantaranya melakukan penyemprotan ke rumah warga dan melakukan penjagaan serta melakukan patroli untuk antisipasi kedatangan tamu dari luar daerah dan perantau yang pulang mudik. Kalaupun ada kita masukkan catatan dalam daftar Orang Dalam Pengawasan Kesehatan,” terangnya.

Joko berharapa agar desa membeli mobil untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

“Mudah-mudahan janji Pak Kades itu benar akan segera di belikan Mobil untuk Pelayanan Kesehatan di Tahun ini. Kami tentunya akan sangat terbantukan mengingat suasana virus covid 19 corona. Dan semoga doa kami semua, akan terkabulkan serta kendaraan untuk operasional itu segera didatangkan,” pungkasnya. (leo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button