NTT

Setelah Hasil Swab Negatif, Pria Di Sikka Kembali Reaktif Hasil Rapid Test Covid-19

MAUMERE, NTT, BN-Dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Sikka,Flores-NTT, mengalami satu kasus baru dan kemungkinan menjadi kasus pertama di Kabupaten Sikka.

Pasalnya setelah diketahui salah satu eks penumpang KM.Lambelu yang awalnya dinyatakan reaktif hasil rapid test dan setelah hasil swab beberapa waktu lalu terhadap dirinya bersama 2 orang lainnya dinyatakan negatif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka,Petrus Herlemus dalam keterangan Pers,Jumad (8/5) diMedia Center Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka,mengatakan bahwa rapid test awal hasilnya menunjukan reaktif dan Hasil Swab menunjukan negatif. Dan setelah dilakukan rapid test ulang yang ketiga oleh Tim Relawan Gugus Tugas Covid-19 Sikka menunjukan reaktif sehingga yang bersangkutan kembali melakukan pengambilam swab untuk kedua kalinya Kamis (7/5).

“Apabila hasil Swab kedua ini negatif kita syukuri, tapi kalau yg bersangkutan hasil Swabnya positif, ini akan menjadi referensi nasional karena ada yang swab negatif tetapi dia reaktif kembali,” ujarnya.

Petrus Herlemus mengatakan Litbang kementerian Kesehatan harus mengkaji sehingga ini adalah salah satu referensi yg sangat penting apabila dia sudah negatif dan dalam pendampingannya dia reaktif kembali lalu kita swab dia kembali Positif.

Menurutnya ini akan menjadi satu hal yang harus dikaji tentang bagimana Prototype virus corona di Indonesia.

Untuk diketahui,salah satu penumpang Eks KM. Lambely yg diketahui Inisial DT (19) pernah menjalani karantina terpusat di Sikka Convention Centre (SCC) Maumere bersama ratusan penumpang eks Lambelu lainnya dan menjalani rapid test pertama pada sabtu (11/4) lalu.

Hasil rapid test menunjukan reaktif bersama dua orang teman lainnya dan langsung dipindahkan ke Ruang Isolasi RSUD. dr. Tc. Hillers Maumere, malam itu juga untk menjalani perawatan.

Keesokan harinya, DT menjalani pengambilan swab yg kemudian diumumkan pada 22 April 2020 yang menyatakan dirinya negatif covid-19 dan langsung dipulangkan keesokan harinya dan diarahkan untuk menjalani karantina mandiri dirumahnya.

Namum pengambilan rapid test ketiga oleh Tim Relawan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sikka terhadap DT yang dilakukam dirumahnya kembali menunjukan hasil reaktif dan langsung diarahkan untuk menjalani karantina terpusat Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka. (athy meaq).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button