JATIM

PDAM Akan Selesaikan Terkait Pipa Bocor 48 jam Ke Depan

Mujiaman : Lokasi Kebocoran Pipa PDAM Surabaya Sekitar Purimas Gunung Anyar 500 meter dari masjid (17/05), malam

SURABAYA, JATIM, BN-Diwilayah kebocoran pipa sekitar area Purimas Gunung Anyar Surabaya (kurang lebih 500 meter sampai 1 Km dari lokasi kebocoran pipa yang lama, Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya Mujiaman memperkirakan, hal tersebut akan teratasi kurang lebih 48 jam.

“Insya allah kebocoran pipa akan kami selesaikan kurang lebih waktunya empat puluh delapan jam,” ungkap Mujiaman saat dihubungi bidiknasional.com di Gunung Anyar Surabaya (17/05), malam.

Tentang mengapa mengalami bocor lagi disekitar lokasi bocor yang lama, Mujiaman menjelaskan seperti kasus beberapa bulan yang lalu, pipa yang rusak itu disebabkan karena gangguan akibat pengerjaan tiang pancang proyek di sekitar Purimas Gunung Anyar yang mengenai pipa PDAM berdiameter 1000 milimeter yang berada di kedalaman 4 meter di bawah tanah.

“Sekarang ini seperti kasus semula, tapi orangnya lain. Kami sudah memberikan rambu-rambu semuanya, ternyata dia melanggar jalur yang tidak boleh disentuh akhirnya disentuh. Tempatnya sekitar 500 meter dari masjid,” katanya.

Untuk saat ini, pihaknya mengaku sedang menyiapkan peralatan dan jalur atau tempat pembuangan air dengan melakukan proses penggalian tanah. Namun, ia memastikan, bahwa saat ini suplai air bersih melalui pipa tersebut belum sepenuhnya dimatikan, meski sebagian terbuang karena kebocoran.

“Sementara kita masih jalan, meski sebagian air terbuang. Sampai semua siap baru kita mematikannya. Jadi benar-benar kita menunggu sampai peralatannya sudah siap baru kita matikan,” katanya.

Pipa bocor berdiameter 1000 milimeter mampu mengalirkan 1 liter air per detik kepada 80 pelanggan.

Menurutnya, pipa bocor itu berdiameter 1000 milimeter yang mampu mengalirkan 1 liter air per detik kepada 80 pelanggan. Sedangkan air yang terbuang saat ini sekitar 300 liter per detik, sementara lainnya masih tetap berjalan.

“Jadi sekitar 30 ribuan (pelanggan) saat ini yang terganggu, yang paling terdampak wilayah Gunung Anyar,” ujarnya.

Namun demikian, Mujiaman memastikan, bahwa pihaknya akan tetap berupaya meminimalisir dampak kebocoran pipa itu kepada masyarakat. Meski harus kehilangan sekitar 30 persen air karena kebocoran.

“Yang terpenting dampak kepada masyarakat kita minimalisir dulu. Dengan resiko kehilangan air yang cukup besar tidak apa-apa,” jelasnya.

Untuk meminimilasir dampak kebocoran pipa, pihaknya telah menyiapkan suplai air bersih dari stasiun pengisian tangki di Ngagel Surabaya. Beberapa tangki pengangkut air bersih juga siap mensuplai langsung ke rumah-rumah warga terdampak.

“Ini kita sedang menyiapkan lokasinya (penggalian pipa), supaya peralatan mobilitasnya lebih enak. Estimasinya semoga 48 jam bisa kita atasi,” tegasnya.

“Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat pelanggan, mudah-mudahan permasalahan ini segera kami selesaikan, ” imbuhnya.

Agar masyarakat tidak terhambat dalam menerima pasokan air, Muiaman mengharap agar mereka dapat menghubungi call center PDAM Surabaya 24 jam bebes pulsa 08001926666, call center PDAM Surabaya jam kantor 031-2926666 dan sms center 08123316666. (boody)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button