06/10/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

HIPPA TANI MAKMUR DESA NGLONING SLAHUNG, GIAT BANGUN SALURAN IRIGASI DARI PROGRAM P3-TGAI

2 min read


PONOROGO, JATIM, BN – Anggota Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Tani Makmur Desa Ngloning, Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo melaksanakan pembangunan jaringan irigasi sepanjang 281 Meter di persawahan yang terletak di area persawahan Desa Sebelik Dukuh Gagakan RT 2 RW 1.

Kucuran dana dari Kementrian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Bengawan Solo program P3TGAI yang anggaranya bersumber dari APBN tahun 2021 sebesar Rp195 juta yang dianggarkan untuk Desa Ngloning, memang sengaja dialokasikan untuk membangun sebuah jaringan irigasi, karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan nilai produksi pangan para petani di desa tersebut.

Pembangunan irigasi tersebut menggunakan pekerjaan pasangan berupa batu kali atau batu gunung, dengan susunan batu raen (batu muka) dengan menggunakan campuran semen pasir yang dibentuk sesuai dengan gambar pelaksanaan.

“Pembangunan jaringan irigasi sepanjang 300 Meter dan ada pengembangan 15 meter kanan kiri ini merupakan program kegiatan HIPPA Desa Ngloning sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian, untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, guna mendukung program ketahanan pangan nasional,” terang Kepala Desa Ngloning , Qomarudin Kamis (24/06/2021).

Selaku Ketua Kelompok HIPPA Tani Makmur Tekad Saroso saat dikonfirmasi awak media menuturkan, “tentang pelaksanaan bantuan program P3-TGAI mendapat bantuan sebesar Rp 195 .000.000 juta, bantuan dipergunakan untuk sarana pembangunan infrastruktur peningkatan jaringan irigasi lahan pertanian dengan P. Volume 300 meter dengan pengembangan 15 meter dikerjakan dengan Swakelola sesuai RAB yang ada dengan kualitas pembangunan yang baik dan bisa mengairi lahan pertanian dengan lancar,” tuturnya.

Kepala Desa Ngloning, Kecamatan Slahung, menambahkan, “dengan adanya pembangunan saluran peningkatan jaringan irigasi ini dengan tenaga para pekerja selalu melibatkan lingkungan setempat dengan harapan dapat membantu perekonomian masyarakat setempat dan juga utamanya dapat menekan angka pengangguran yang ada di Desa Ngloning,” jelasnya.

Atas terlaksananya pembangunan jaringan irigasi tersier program dari HIPPA tersebut, Kepala Desa Ngloning Kecamatan Slahung menyampaikan terima kasih, baik kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani Desa Ngloning merasa terbantu, terutama kaitanya dengan pengairan lahan persawahan jadi lancar.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani merasa terbantu, dan harapannya pengairan lancar dan bisa meningkatkan hasil panen petani, “ pungkasnya. (DHY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.