28/01/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Terbaru di Jatim, RSGM Unair Resmi Bergabung Bersama BPJS Kesehatan Surabaya

3 min read

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Surabaya oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya Betsy M. O. Roeroe Bersama Direktur RSGM Unair Surabaya Prof. Coen Pramono, drg., SU., Sp.BM (K)., FICSĀ 

SURABAYA, bidiknasional.com – Terbaru di Jawa Timur, Rumah Sakit (RS) khusus Gigi & Mulut resmi bergabung bersama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Perjanjian Kerjasama antara Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Surabaya dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga (Unair) Tentang Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan bagi peserta program Jaminan Kesehatan.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Penjaminan Manfaat Rujukan (PMR) BPJS Kesehatan Cabang Surabaya Binti Lukluah, Senin 6 Desember 2021, diruang kerjanya, bahwa per bulan Desember tahun 2021, data BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama (KCU) Surabaya telah ada penambahan 4 Rumah Sakit di Surabaya yang bekerjasama.

” Terdiri dari dua klinik utama yang kemarin yang sudah jalan resmi PKS 1 November 2021, kemudian satu rumah sakit khusus Fakuktas Kedokteran Gigi (FKG) Unair per 1 Desember 2021″ ujar Binti Lukluah sapaan lekatnya.

Adapun secara keseluruhan kata dia, RS di Surabaya yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Surabaya nantinya sejumlah 54.

“Nah, untuk nanti berikutnya Insya allah tanggal 10 Desember 2021, BPJS Kesehatan Surabaya ada lagi penambahan RS Mayapada.Total 53 dengan RS Gigi dan Mulut Unair dan menyusul ke 54 RS Mayapada,” tegasnya.

Bicara wilayah secara luas di Jawa Timur dan RS khusus gigi dan mulut ucap Kabid PMR, ” ini pertama, belum ada sama sekali, ini baru satu-satunya RS khusus,” imbuhnya.

Dipaparkannya, diawal bergabungnya RSGM Unair Surabaya, klasifikasi RS Khusus Gigi dan Mulut Kelas B tersebut, BPJS kesehatan Surabaya menyampaikan penawaran kerjasama terhadap RSGM. Selanjutnya RS menindaklanjuti dengan bersurat ke BPJS Kesehatan guna melengkapi apa yang menjadi persyaratan mutlak dan juga persyaratan tambahan.

“Disitulah salah satu syarat mutlak PKS. Seperti harus ada SIO (Surat Izin Operasional) kemudian NPWP, kemudian akreditasi. Kalau untuk Rumah Sakit Gigi Unair, karena SIO nya ada perpanjangan, alhamdulillah diakhir November 2021 kemarin sudah mengantongi rekomendasi dari DKP sehingga bisa dilakukan pengajuan kerjasama,” bebernya.

Harapan BPJS Kesehatan tentunya lanjut Kabid PMR, karena ini satu satunya rumah sakit khusus gigi dan mulut, RSGM Unair ikut mendukung program JKN.

” Salah satu contoh seperti kasus gigi yang tidak bisa ditangani di FKTP oleh dokter gigi umum, nanti akan dirujuk ke RS gigi unair. Disitu sarana prasarananya lengkap, dari mulai SDM dan juga sarana untuk dilakukan tindakan operasi khusus untuk gigi dan mulut,” pintanya.

Binti Lukluah Kepala Bidang (Kabid) Penjaminan Manfaat Rujukan (PMR) BPJS Kesehatan Cabang Surabaya

Binti Lukluah menyebutkan,” Karena ini kan spesialis dan lengkap, tidak hanya terdiri dari spesialis bedah mulut saja. Banyak spesialis di situ yang bisa melakukan tindakan operasi, artinya nanti tidak diperlukan lagi rujukan ke rumah sakit yang lain,” ungkapnya.

Seperti itu sambungnya,” jadi misalnya Rumah Sakit gigi ini ditangani spesialis bedah mulut kemudian membutuhkan yang sub spesialis lagi membutuhkan, otomatis bisa ditangani langsung di rumah sakit tersebut,” tutupnya.

Dihubungi terpisah Direktur RSGM Unair Surabaya Prof. Coen Pramono, drg., SU., Sp.BM (K)., FICS mengatakan bergabung bersama BPJS Kesehatan adalah sebuah kepercayaan.

“Kami mewakili RSGM memiliki visi nomor satu, bahwa dengan bergabung bersama BPJS kesehatan, RSGM membantu pemerintah didalam pernyataan bangsa. Kedua jika BPJS sampai berkenan bergabung dengan kami, berarti kami dianggap RS terpilih, artinya karena sudah melewati kredensial,” jelasnya.

Selain pertama di Jawa Timur ujarnya, visi kedepan RSGM adalah memberikan pelayanan terbaik menjadi Rumah Sakit terkemuka di tingkat nasional dan internasional.Kemudian misi RSGM yakni melengkapi semua fasilitas RSGM untuk memberikan pelayanan di tujuh bidang spesialis.

Prof. Coen Pramono juga berharap dapat memenuhi semua target yang dicanangkan BPJS kesehatan dalam merawat pasien dibidang gigi dan mulut tanpa banyak froud.

“Mudah-mudahan kita bisa mendukung BPJS Kesehatan dan melayani masyarakat,” pungkasnya. (*/boody)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

bidiknasional.com/by_boodysank@gmail.com | Newsphere by AF themes.